​Antisipasi Kecelakaan Saat Nataru, HK Pasang 10 Marka Kejut

Sabtu, 26 Desember 2020 13:52
​Antisipasi Kecelakaan Saat Nataru, HK Pasang 10 Marka Kejut
Operasi simpatik di Gerbang Tol Pekanbaru. (Istimewa)

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — PT Hutama Karya [pengelola Tol Pekanbaru-Dumai atau Tol Permai] memasang 10 marka kejut di sepanjang lintasan Tol Permai.

Pemasangan marka kejut itu dimaksudkan untuk mengembalikan konsentrasi pengendara yang melamun atau mengantuk saat melintas di jalur bebas hambatan ini.

Advertisement

“10 marka kejut itu kami pasang di lokasi yang berbeda. Ada lima titik di wilayah pinggir dan lima titik di Kandis Selatan,” ujar Kabag Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol Permai, Muhammad Fitriandri, Sabtu, 26 Desember 2020.

Tingginya angka kecelakaan di ruas jalan Tol Permai menjadi keprihatinan banyak pihak. Di mengatakan sejuah ini HK terus berupaya melakukan evaluasi terhadap upaya yang sudah dilakukan dalam menekan angka kasus kecelakaan di Tol Permai.

Baca: Wartawan Riau Kembali Turun Ke Jalan, Hukum Belum Bisa Lindungi Jurnalis

Sedangkan alasan pemasangan fokus marka kejut, karena didua daerah ini rawan terjadi kecelalaan, baik dari arah Dumai menuju Pekanbaru atau pun sebaliknya.

Selain itu, pihak HK juga akan memasang warning lights di sejumlah titik, sepanjang 131 kilometer tol Permai. Pemasangan warning light ini direncanakan akan segera dilakukan dalam waktu tidak lama lagi.

Diharapkan, dengan terpasangnya marka kejut dan warning light tersebut, dapat meminimalisir bahkan zero insiden, selain karena kesadaran pengandara dalam mentaati batas kecepatan dan rambu-rambu jalan.

“Kalau kena warning light ini, pengandara tadinya kurang fit atau mengantuk bisa kembali terjaga kondisinya,” ujar Andri, sapaan akrabnya.

Lebih lanjut, beberapa kegiatan yang sifatnya membangun kesadaran pengandara dan menekan angka kecelakaan, PT HK juga telah melaksanakan operasi micro sleep (mengantuk) dan kegiatan simpatik.

Kegiatan simpatik pertama telah dilakukan awal pekan lalu. Kedua dilanjutkan pada malam pergantian tahun baru nanti.

Kegiatan ini dipusatkan di pintu masuk mau pun keluar tol, dengan memberikan peringatan akan bahaya kecelakaan karena kondisi fisik. Kemudiam diiberikan layanan gratis pengecekan kendaraan terutama mesin dan rem.

Sementara untuk operasi mengantuk yang juga sudah dilaksanakan sebelumnya. Setiap pengandara yang merasa lelah, diminta beristrirahat di resk area ditentukan, kemudian diberi minuman dan makanan termasuk pemeriksaan kesehatan yang juga secara cuma-cuma. “Tujuannya, bagaimana kondisi fisik pengendara kembali fit,” ujar Andri. (bpc2)

Berita Terkini

Kamis, 21 Januari 2021 17:32

2 UU yang Paling Banyak Digugat ke MK

#uu #UUCiptaker #UUCorona #MK

Kamis, 21 Januari 2021 16:30

Fahri Hamzah Sebut 400 Ribu Warga AS Korban Covid-19 Dampak Terbelahnya Sosial dan Politik

#FahriHamzah #joebiden #corona

Kamis, 21 Januari 2021 15:32

Covid-19 Buat Negara Rugi Hingga Rp1.000 Triliun 

#covid-19 #pandemi #nasional #finance

Kamis, 21 Januari 2021 14:31

Jokowi Beri Sinyal Vaksin Mandiri Masyarakat

#kesehatan #VaksinMandiri #Jokowi

Kamis, 21 Januari 2021 12:30

Biden Ogah Ikut Campur Soal Pemakzulan Trump

#JoeBiden #DonaldTrump #pemakzulan

Kamis, 21 Januari 2021 11:50

Berkenalan dengan LQ45 Sebelum Turun Investasi ke Saham

#LQ45 #saham #investasi

Kamis, 21 Januari 2021 11:31

Penertiban Lahan Sawit Ilegal Berjalan Lambat, Visi Riau Hijau Syamsuar Dipertanyakan

#Sawit #LahanSawitIlegal #walhi