Said Syarifuddin: Diharapkan Pantai Solop Makin di Kenal Dan Menjadi Daya Tarik Wisatawan

Rabu, 02 November 2016 09:51
Said Syarifuddin: Diharapkan Pantai Solop Makin di Kenal Dan Menjadi Daya Tarik Wisatawan

BERTUAHPOS.COM (BPC), INHIL – Objek wisata Pantai Solop di Desa Pulau Cawan, Kecamatan Mandah, Kabupaten Indragiri Hilir sudah lama dikenal masyarakat luas. Pantai tersebut juga menjadi andalan pariwisata kabupaten ‘Hamparan kelapa terluas di dunia’ tersebut.

Akan tetapi promosi agar wisatawan lebih ramai berkunjung ke tempat ini dinilai masih kurang. Hal ini mendapat perhatian dari Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hilir H Said Syarifuddin.

Advertisement

Said Syarifuddin yang merupakan mantan Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau tersebut meminta Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kabupaten Indragiri Hilir lebih mengintensifkan promosi kawasan wisata Pantai Solop. “Diharapkan, Pantai Solop makin dikenal dan menjadi daya tarik wisatawan ke Inhil. Untuk itu, Dinas Disporabudpar terus mempromosikannya, juga membuka jalur wisata bagi memudahkan mereka yang ingin berkunjung kesini,” kata Sekda saat mengikuti kegiatan Go to Pantai Solop Fakultas Ekonomi Universitas Riau angkatan tahun 1982, Sabtu (6/8/2016) lalu.

Kegiatan ini diikuti juga Asisten II Setdakab Inhil, Kepala Disporabudpar dan Kadis Koperasi. Sekda mengharapkan, kedatangan alumni Fekon UNRI ini dapat menjadi media yang efektif untuk menyebarkan dan promosi mengenai keindahan kawasan wisata Pantai Solop dengan ekowisata Mangrovenya.

Baca: Bupati Alfedri Minta Satgas Covid-19 Siak Perketat Pengawasan di Posko dan Pelabuhan

Jika promosi digencarkan maka akan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah ini. Namun tentu tidak hanya promosi saja yang dilakukan, menjalin kerjasama dengan pihak swasta seperti agen travel wisata harus dilakukan. “Diperlukan peran pihak swasta yang bergerak dalam bidang travel wisata yang akan menjual tiket perjalanan ke kawasan ini. Sedangkan Pemkab Inhil dapat terus meningkatkan fasilitas dan infrastruktur penunjang lainnya bagi perkembangan kawasan wisata ini,” katanya.

Ketua rombongan alumni Fekon UNRI Dr Jahrizal Harun menyatakan, selama ini mereka mengenal Pantai Solop dari lagu zapin berjudul Pantai Solop yang dinyanyikan mantan Gubernur Riau Rusli Zainal dan dari berita media massa. “Pantai Solop ini sangat potensial dikembangkan, karena sangat bagus buat tempat berlibur dan lokasi pelatihan,” pujinya.

Disarankan, di kawasan ini dibenahi dan dilengkapi dengan tempat peristirahatan, tempat pertemuan dan fasilitas pendukung lainnya. Mereka juga tertarik dengan kawasan ekowisata Mangrove yang masih terjaga dengan baik dan menambah keasrian dan keindahan kawasan wisata ini.(Adv)