Laksamana Mengamuk Sampai Pacu Jalur Masuk Wisata Populer dalam Anugerah pesona Indonesia 2017

Sabtu, 12 Agustus 2017 11:39
Laksamana Mengamuk Sampai Pacu Jalur Masuk Wisata Populer dalam Anugerah pesona Indonesia 2017

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Anugerah Pesona Indonesia (API) merilisi sejumlah objek wisata hingga makanan tradisional yang digemari di seluruh Indonesia. Sejumlah objek wisata dan makanan tradisional di Riau ternyata banyak peminatnya. Bahkan, beberapa menduduki posisi tertinggi dibandingkan dengan objek wisata lain di Indonesia.

Ada 7 kategori objek wisata di Riau yang masuk dalam ajang API itu. Masing-masing dari objek wisata itu ternyata memberikan daya terik tersendiri bagi wisatawan.

Diantaranya Istana Siak Sri Indrapura menduduki posisi 13% dalam kategori situs sejarah terpopuler. Istana Siak menduduki posisi kedua setelah Sangkulirang Rock Art di Kabupaten Kutai Timur dengan perolehan 75%.

Selain Istana Siak, ada Bolu Berendam untuk kategori makanan tradisional terpopuler. Bolu Berendam dari Kabupaten Inhu ini menduduki poisi ke 2 dengan perolehan 33% setelah makanan Enbal dari Maluku yang menduduki poisi 24%. Bolu berendam mengalahkan 8 jenis makanan lainnya dari seluruh daerah di Indonesia.

Sedangkan untuk kategori tempat berselancar terpopuler diungguli oleh Bono di Pelalawan dengan perolehan 34%. Boni berhasil menduduki posisi pertama dalam kategori ini, bahkan mengalahkan Pantai Tarimbang di Sumba Timur dan Bowele di Malang dan mengalahkan 7 tempat lainnya yang masuk dalam kategori itu.

Kemudian ada objek wisata Bakar Tongkang yang juga menduduki posisi paling tinggi, dengan perolehan 26% dalam kategori atraksi budays terpopuler. Bakar tongkah mengalahkan antraksi budaya Apen Bayeren di Biak Numfor dan atraksi Tabuik di kota pariaman. Masing-masing dari objek wisata budaya itu hanya 10% dan 11%. Bakar Tongkang juga mengungguli 7 antraksi budaya lainnya di Indonesia yang masuk dalam API.

Pacu Jalur di Teluk Kuantan ternyata juga juara. Dalam kategori festival pariwisata, Pacu Jalur mendapatkan perhatian sebesar 38% dan mengalahkan 9 objek wisata lain di Indonesia.

Untuk kategori minuman tradisional terpopuler, Laksamana Mengamuk ternyata juga tampil mencuri perhatian dengan perolehan sebanyak 9%. Minuman Laksamana Mengamuk menduduki posisi ke 4 dalam deretan munukan tradisional terpopuler. Posisi pertama diduduki oleh minuman Jeniper dari Kuningan dengan perolehan 25%.

Terakhir ada Pasar Bawah (Pasar Wisata Pekanbaru), yang menduduki posisi ke 3 dalam kategori objek wisata belanja terpopuler dalam API. Pasar bawah memperoleh sebanyak 17%, setelah pasar. Beringharjo di Yogyakarta dan Pasar Ateh di Kota Padang.

Ketua Penyelenggara Anugerah Pesona Indonesia 2017, Nanda Satria Azwar mengatakan, berlangsungnya kegiatan-kegiatan festival tersebut akan sangat bagus dalam mendorong dan mempromosikan pariwisata daerah sebagai upaya mengoptimalkan tingkat kunjungan wisatawan.

Dia menambahkan, kegiatan API 2017 sendiri diikuti oleh 34 Provinsi dan 105 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia yang terwakili dalam 150 nominasi dalam 15 kategori yang ada.

"Sesuai janji penyelenggara API 2017 pada press release sebelumnya, maka pada kesempatan ini pula kami menyampaikan perolehan suara sementara pada seluruh kategori. Secara total, sampai dengan tanggal 31 Juli 2017 tercatat sudah sebanyak 57.336 votes yang masuk, dimana angka tersebut sudah melampaui jumlah votes dari penyelenggaran tahun sebelumnya," tambahnya. (bpc3)

Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Rekrut Tenaga Asing Bangun Pabrik, PT RAPP Dinilai Permalukan Negara
Minggu, 25 Pebruari 2018 14:37

Rekrut Tenaga Asing Bangun Pabrik, PT RAPP Dinilai Permalukan Negara

Sikap PT RAPP April Grup yang akan merekrut sekitar 1.500 orang tenaga asing yang didominasi asal Tiongkok untuk membangun pabrik tissu, dinilai mempermalukan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Lowongan Kerja Perawat di Eye Center
Minggu, 25 Pebruari 2018 13:42

Lowongan Kerja Perawat di Eye Center

Bagi anda yang sedang mencari informasi seputar lowongan kerja,  kini Rumah Sakit Mata Pekanbaru Eye Center sedang membutuhkan tenaga medis untuk ditempatkan pada posisi perawat. 

Cemilan Akhir Pekan,  Yuk Coba Bikin Kol Krispi
Minggu, 25 Pebruari 2018 13:20

Cemilan Akhir Pekan, Yuk Coba Bikin Kol Krispi

Akhir pekan ingin membuat cemilan sendiri dirumah? Mudah,  cemilan simpel dan juga bisa dijadikan lauk bisa Anda buat dari kol. 

Yuk Merapat ke Masjid Raya An Nur, Kajian Weekend Ini 'Remaja Gaul Akhir Zaman'
Minggu, 25 Pebruari 2018 13:10

Yuk Merapat ke Masjid Raya An Nur, Kajian Weekend Ini 'Remaja Gaul Akhir Zaman'

Ingin menghabiskan waktu weekend yang bermanfaat? Hadiri saja kajian rutin,  weekend baper (bawa perubahan) di Aula Masjid Raya An Nur Pekanbaru.

Warganet Banjiri Komentar 'Return the Account of @ustadzabdulsomad di Postingan Terbaru Instagram
Minggu, 25 Pebruari 2018 12:40

Warganet Banjiri Komentar 'Return the Account of @ustadzabdulsomad di Postingan Terbaru Instagram

Pasca akun official instaram @ustadzabdulsomad dibanned, warganet banjiri kolom komentar terbaru postingan akun official instagram @instagram, Minggu (25/2/2018)

LaLiga, Barca Pesta Gol di Camp Nou
Minggu, 25 Pebruari 2018 12:29

LaLiga, Barca Pesta Gol di Camp Nou

Dalam kejuaraan sepakbola terbesar di Spanyol, dini hari tadi, Minggu (25/2/2018), FC Barceloa menjamu Girona FC di Camp Nou.

Harga BBM Kembali Naik, Pertamax Turbo Capai Rp 10.150
Minggu, 25 Pebruari 2018 11:03

Harga BBM Kembali Naik, Pertamax Turbo Capai Rp 10.150

Pertamina secara resmi kembali menaikkan harga BBM, Sabtu (24/2/2018).

Akun Instagramnya Diblokir, Ustaz Somad: Tidak Akan Memadamkan Semangat Dakwah
Minggu, 25 Pebruari 2018 10:00

Akun Instagramnya Diblokir, Ustaz Somad: Tidak Akan Memadamkan Semangat Dakwah

Ustaz Abdul Somad menegaskan pemblokiran akun instagramnya tidak akan memadamkan semangat berdakwahnya.

WR III UIR Terpilih Sebagai Ketua FORKOMAWA
Minggu, 25 Pebruari 2018 09:53

WR III UIR Terpilih Sebagai Ketua FORKOMAWA

Wakil Rektor III Universitas Islam Riau (UIR), Ir Rosyadi, terpilih sebagai Ketua Forum Komunikasi Bidang Kemahasiswaan (FOKOMAWA).

Gawat, Akun Ustaz Abdul Somad Diblokir Pihak Instagram
Minggu, 25 Pebruari 2018 09:38

Gawat, Akun Ustaz Abdul Somad Diblokir Pihak Instagram

Sebuah kehebohan terjadi pagi ini, Minggu (25/2/2018). Akun Ustaz Abdul Somad @ustazabdulsomad tidak lagi bisa dibuka.