Laksamana Mengamuk Sampai Pacu Jalur Masuk Wisata Populer dalam Anugerah pesona Indonesia 2017

Sabtu, 12 Agustus 2017 11:49
Laksamana Mengamuk Sampai Pacu Jalur Masuk Wisata Populer dalam Anugerah pesona Indonesia 2017

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Anugerah Pesona Indonesia (API) merilisi sejumlah objek wisata hingga makanan tradisional yang digemari di seluruh Indonesia. Sejumlah objek wisata dan makanan tradisional di Riau ternyata banyak peminatnya. Bahkan, beberapa menduduki posisi tertinggi dibandingkan dengan objek wisata lain di Indonesia.

Ada 7 kategori objek wisata di Riau yang masuk dalam ajang API itu. Masing-masing dari objek wisata itu ternyata memberikan daya terik tersendiri bagi wisatawan.

Advertisement

Diantaranya Istana Siak Sri Indrapura menduduki posisi 13% dalam kategori situs sejarah terpopuler. Istana Siak menduduki posisi kedua setelah Sangkulirang Rock Art di Kabupaten Kutai Timur dengan perolehan 75%.

Selain Istana Siak, ada Bolu Berendam untuk kategori makanan tradisional terpopuler. Bolu Berendam dari Kabupaten Inhu ini menduduki poisi ke 2 dengan perolehan 33% setelah makanan Enbal dari Maluku yang menduduki poisi 24%. Bolu berendam mengalahkan 8 jenis makanan lainnya dari seluruh daerah di Indonesia.

Baca: Sambel Api vs Bakmi Api Buka Cabang di Sisimangaraja

Sedangkan untuk kategori tempat berselancar terpopuler diungguli oleh Bono di Pelalawan dengan perolehan 34%. Boni berhasil menduduki posisi pertama dalam kategori ini, bahkan mengalahkan Pantai Tarimbang di Sumba Timur dan Bowele di Malang dan mengalahkan 7 tempat lainnya yang masuk dalam kategori itu.

Kemudian ada objek wisata Bakar Tongkang yang juga menduduki posisi paling tinggi, dengan perolehan 26% dalam kategori atraksi budays terpopuler. Bakar tongkah mengalahkan antraksi budaya Apen Bayeren di Biak Numfor dan atraksi Tabuik di kota pariaman. Masing-masing dari objek wisata budaya itu hanya 10% dan 11%. Bakar Tongkang juga mengungguli 7 antraksi budaya lainnya di Indonesia yang masuk dalam API.

Pacu Jalur di Teluk Kuantan ternyata juga juara. Dalam kategori festival pariwisata, Pacu Jalur mendapatkan perhatian sebesar 38% dan mengalahkan 9 objek wisata lain di Indonesia.

Untuk kategori minuman tradisional terpopuler, Laksamana Mengamuk ternyata juga tampil mencuri perhatian dengan perolehan sebanyak 9%. Minuman Laksamana Mengamuk menduduki posisi ke 4 dalam deretan munukan tradisional terpopuler. Posisi pertama diduduki oleh minuman Jeniper dari Kuningan dengan perolehan 25%.

Terakhir ada Pasar Bawah (Pasar Wisata Pekanbaru), yang menduduki posisi ke 3 dalam kategori objek wisata belanja terpopuler dalam API. Pasar bawah memperoleh sebanyak 17%, setelah pasar. Beringharjo di Yogyakarta dan Pasar Ateh di Kota Padang.

Ketua Penyelenggara Anugerah Pesona Indonesia 2017, Nanda Satria Azwar mengatakan, berlangsungnya kegiatan-kegiatan festival tersebut akan sangat bagus dalam mendorong dan mempromosikan pariwisata daerah sebagai upaya mengoptimalkan tingkat kunjungan wisatawan.

Dia menambahkan, kegiatan API 2017 sendiri diikuti oleh 34 Provinsi dan 105 Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia yang terwakili dalam 150 nominasi dalam 15 kategori yang ada.

“Sesuai janji penyelenggara API 2017 pada press release sebelumnya, maka pada kesempatan ini pula kami menyampaikan perolehan suara sementara pada seluruh kategori. Secara total, sampai dengan tanggal 31 Juli 2017 tercatat sudah sebanyak 57.336 votes yang masuk, dimana angka tersebut sudah melampaui jumlah votes dari penyelenggaran tahun sebelumnya,” tambahnya. (bpc3)

Berita Terkini

Selasa, 11 Agustus 2020 17:22

Gedung Telkom Terbakar, Warga Pekanbaru Tinggalkan Telkomsel

#TELKOMSEL #GEDUNGTELKOMSELTERBAKAR

Selasa, 11 Agustus 2020 16:55

Akhir Agustus 13 Lembaga Dibubarkan

#PEMBUBARANLEMBAGA

Selasa, 11 Agustus 2020 16:28

Gedung Telkom Pekanbaru Terbakar, Netizen Berteriak ‘Hilang Sinyal’

#TELKOMSEL #TERBAKAR

Selasa, 11 Agustus 2020 15:30

Kantor Telkomsel Pekanbaru Terbakar, Seluruh Jaringan Mati

#KANTORTELKOMSELTERBAKAR

Selasa, 11 Agustus 2020 14:32

Syahrul Aidi: Riau Nggak Dapat Apa-apa dari Sawit!

#INFRASTRUKTUR #RIAU

Selasa, 11 Agustus 2020 14:10

Sudah Tahu Belum, Kental Manis Bukan Susu

#KENTALMANIS

Selasa, 11 Agustus 2020 13:32

Gubri Akui Topangan Ekonomi Riau dari SDA Merosot 10 Tahun Terakhir

#RIAU #SDA #PERKEBUNAN