Dibalik Pertunjukan Barongsai

Rabu, 18 Januari 2017 09:20
Dibalik Pertunjukan Barongsai
foto/net

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Barongsai adalah atraksi yang biasa hadir saat imlek. Namun ternyata, barongsai juga biasa hadir saat acara-acara penting lainnya.

Suyandi selaku ketua persatuan Barongsai Vihara Surya Darma mengatakan, sebelum menggunakan Barongsai ada ritual khusus yang harus dilakukan untuk 'menghidupkan' barongsai.

"Sebelum melakukan pertunjukan barongsai ada ritual khusus, jadi nantinya barongsai akan 'hidup' ketika dimainkan, "ujar Suyandi kepada bertuahpos  rabu (18/1/2017).

Nah menurut Masyarakat Tionghoa, Barongsai melambangan keberuntungan atau rejeki.

"Barongsai ini dipercaya dapat membawa Rejeki dan mengusir hal-hal negatif sehingga umumnya diadakan pada acara-acara penting seperti pernikahan, restoran, hotel dan lain-lain, "sebut Suyandi.

Barongsai biasanya ditemani seorang penari yang mengenakan topeng dan membawa kipas. Tokoh ini disebut Tiong Kue. Tugasnya adalah untuk menggiring sang singa barongsai ketempat amplop berisi uang.

Setiap gerakan singa diiringi irama musik. Dengan penggunaan tiga istrumen utama seperti tambur, cecer dan gong. Musik-musik ini berfungsi sebagai sarana menakut-nakuti nasib buruk melalui suara keras.

"Dulu di Tiongkok pernah terjadi kehancuran yang sangat luar biasa sampai memporakporandakan penduduk oleh monster jahat,  aat itulah dihadirkan Raja langit, singa, lalu monster ini kabur. Karena warga takut monster jahat itu datang lagi, pada akhirnya mereka membuat semacam singa dengan suara-suara berisik untuk menolak roh jahat," sebut Yandi.

Selain itu berdasarkan kepercayaan tradisional masyarakat Tionghoa, singa (barongsai) adalah simbol keberanian, stabilitas, serta memiliki makna berupa harapan untuk kehidupan yang lebih baik. Pertunjukan barongsai pun terus dilakukan guna menjadi perlindungan dari nasib buruk dan mendatangkan rejeki.

Kekompakan sangat dibutuhkan bagi para pemain barongsai. Sehingga perlu keahlian khusus untuk dapat memainkan barongsai. Persatuan Barongsai VSD yang memiliki enam koleksi barongsai rutin melakukan latian seminggu tiga kali di jalan Angkasa.

Usia pun bervariasi dalam memainkan barongsai,  kelompok VSD memiliki anggota mulai dari usia 10 tahun hingga 35 tahun.

Penulis  : Eli Suwanti

TRAVELLING

Berita Terkini

Listrik Padam, Pemeriksaan Saksi Korupsi di Kejati Riau Ditunda
Senin, 25 September 2017 11:05

Listrik Padam, Pemeriksaan Saksi Korupsi di Kejati Riau Ditunda

Listrik di beberapa daerah di Kota Pekanbaru terjadi pemadaman secara bergilir dari Minggu (24/9/2017) hingga hari ini Senin (25/9/2017).

Investor Jerman Tawarkan Bisnis Rumah Sakit ke Pemprov Riau
Senin, 25 September 2017 10:55

Investor Jerman Tawarkan Bisnis Rumah Sakit ke Pemprov Riau

Sekdaprov Riau kedatangan tamu seorang investor dari Jerman. Pembahasan mereka membicarakan soal peluang bisnis rumah sakit di Riau.

Golden Tulip Pekanbaru Siapkan Sepeda Gratis Untuk Tamu yang Nginap
Senin, 25 September 2017 10:45

Golden Tulip Pekanbaru Siapkan Sepeda Gratis Untuk Tamu yang Nginap

Walau tren kenaikan okupansi hotel semakin bagus, pihak Manajemen Hotel Golden Tulip Essential Pekanbaru selalu ingin yang terbaik untuk para tamu. 

Pansus: RTRW Tidak Bisa Ditunda
Senin, 25 September 2017 10:35

Pansus: RTRW Tidak Bisa Ditunda

Pansus RTRW Provinsi Riau menyebutkan bahwa pengesahan RTRW sudah tidak bisa ditunda lagi.

Progres Rel Kereta Api Stagnan di Konsultasi Publik
Senin, 25 September 2017 10:28

Progres Rel Kereta Api Stagnan di Konsultasi Publik

Progres pembangunan rel kereta api Riau hingga kini masih stagnan pada tahap konsultasi publik. Sementara materil pembangunannya sudah ada di lokasi sejak tahun lalu.

Ini Potret Sepi di Suzuya Pasar Kodim
Senin, 25 September 2017 10:15

Ini Potret Sepi di Suzuya Pasar Kodim

Pagi ini Senin (25/9/17), hingga jam 10.00 WIB, Suzuya Pasar Kodim sepi pengunjung. Sebagian toko-toko di dalamnya masih belum dibuka.

Pria 19 Tahun Asal Bengkalis Ini Kedapatan Bawa Narkoba
Senin, 25 September 2017 10:02

Pria 19 Tahun Asal Bengkalis Ini Kedapatan Bawa Narkoba

Muhammad Hafizi duduk lesu menghadap ke sebuah meja. Di atas meja itu ada kotak rokok, hp dan satu paket narkotika jenis sabu.

Kabar gembira, Jalan Garuda Sakti Sudah 'Sehat'
Senin, 25 September 2017 09:15

Kabar gembira, Jalan Garuda Sakti Sudah "Sehat"

Bagi anda pengguna Jalan Garuda Sakti KM 1 Panam, kini tidak perlu khawatir lagi saat melewati jalan tersebut. Lubang besar yang banyak 'menganga' sudah diperbaiki.

Penggiat Lingkungan: RTRW Jangan Disahkan
Senin, 25 September 2017 09:05

Penggiat Lingkungan: RTRW Jangan Disahkan

Penggiat lingkungan dari Jaringan Kerja Penyelamat Hutan Riau (Jikalahari), Made Ali meminta agar DPRD Riau menunda pengesahan RTRWP.

Kapolda Riau Sudah Ancang-ancang Persiapan Pilgub 2018
Senin, 25 September 2017 08:55

Kapolda Riau Sudah Ancang-ancang Persiapan Pilgub 2018

Kapolda Riau Brigjen Pol Nandang mengakui sudah mempersiapkan keperluan untuk pelaksanaan Pilgub 2018 nanti.