Komunitas 1000 Guru, Ini Cara Mereka Mengabdi

Jumat, 30 Desember 2016 21:34 232
Komunitas 1000 Guru, Ini Cara Mereka Mengabdi
BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Bagi mereka yang ingin menjadikan dirinya lebih bermanfaat dengan mengabdi memberikan pengajaran ke daerag pedalaman, maka Komunitas 1000 Guru Riaulah tempatnya.
 
Komunitas 1000 Guru Riau merupakan komunitas nonprofit yang peduli terhadap pendidikan di daerah pedalaman, terutama yang lebih dikhususkan pengajaran ke Sekolah Dasar (SD).
 
"Selain memberikan pengajaran, kami juga memberikan donasi berupa buku, alat tulis kantor berupa pensil, penghapus dan juga tas kepada siswa-siswi yang kami temui di daerah pedalaman," tutur Zulfa Meizanita selaku leader Komunitas 1000 Guru Riau.
 
Sejarahnya, Komunitas 1000 Guru Riau merupakan salah satu dari 35 regional 1000 guru pusat yang terdapat di Jakarta. Komunitas 1000 guru Riau sendiri terbentuk sejak tanggal 22 Agustus 2015. Yang mana kini anggota Komunitas 1000 Guru Riau beranggotakan 28 orang dari berbagai kalangan, diantaranya mahasiswa.
 
Untuk kegiatan utamanya, Komunitas 1000 Guru Riau biasanya melakukan Teaching and Travelling atau yang disingkat TNT. Biasanya kegiatan tersebut mereka lakukan setiap dua bulan sekali diiakhir pekan. 
 
"Biasanya kami pergi ke sekolah yang berada di pedalaman pada hari Jumat, pada hari sabtunya kami mengadakan teaching atau pengajaran ke sekolah di daerah pedalaman yang kami kunjungi. Nah baru pada hari Minggunya kami melakukan travelling dengan melakukan eksplorasi terhadap daerah yang kami kunjungi bersama warga sekitar," terang Zulfa Meizanita yang juga merupakan mahasiswi aktif di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru, jurusan Bimbingan Konseling.
 
Lebih lanjut, wanita yang disapa Zulfa ini menerangkan kenapa tujuan pengajaran fokus kepada siswa Sekolah Dasar (SD), hal ini dikarenakam siswa-siswi SD yang masih kecil sehingga masih mudah untuk diberikan motifasi dan diubah mindsetnya bahwasanya pendidikan itu sangat penting. 
 
"Setiap pengajaran yang kami berikan selalu diselipkan motifasi untuk mengingatkan bahwa sangat pentingnya pendidikan. Karena sering ditemui kebanyakan mereka lebih mementingkan untuk kerja dibandingkan sekolah. Seperti meliburkan diri untuk berjualan di pasar," tambah Zulfa Meizanita
 
Selain itu, tujuan Komunitas 1000 guru Riau ialah untuk mengajak pemuda pemudi indonesia khususnya di Riau, untuk lebih peduli kepada pendidikan pedalaman. Mengajak para pengajar untuk terjun ke lapangan untuk melihat pendidikan di pedalaman. 
 
"Pertama kali terbentuk, kami melakukan Teaching and Travelling ke Batang Gansal, Indragiri Hulu untuk mengajar Suku Talang Mamak. Kedua kami ada trip ke Kampar Kiri Hulu, Desa Koto Lamo. Yang ketiga kami trip ke Rupat. Biasanya TNT kami lakukan dua bulan sekali tergantung kekuatan anggota," terang Ulul Azmi salah satu anggota Komunitas 1000 Guru Riau.
 
Selain melakukan TNT, Komunitas 1000 Guru Riau juga memiliki agenda lain seperti Teaching n Giving atau yang dsingkat TNG yang biasanya dilakukan sebulan sekali, dan dilakukan dalam sehari. Biasanya sekolah yang ditujupun merupakan sekolah yang dekat dimana regional itu berada.
 
Untuk perekrutan anggota, Komunitaas 1000 Guru Riau biasanya melakukan rerekrutan anggota baru melalui poster di instagram, dan sesuai kebutuhan. Dengan syarat utama yang lebih didahulukan oleh Komunitas 1000 Guru Riau ialah bisa berkomunikasi dalam berkelompok dengan sangat baik.
 
Untuk kedepannya, Komunitas 1000 Guru Riau berharap semoga semakin banyak donatur yang ingin bergabung dan bekerjasama. Hal ini dikarenakan selama ini banyak halangan yang Komunitas 1000 Guru Riau alami. Salah satunya yakni kurangnya donatur yang ingin ikut membantu pendidikan di pedalaman
 
Penulis: Teguh Asrin
loading...
PUBLIC SERVICE

Berita Terkini

Sekdaprov Riau: Rp 2,2 Miliar Untuk Parfum Ruangan Itu Wajar
Senin, 23 Januari 2017 11:15

Sekdaprov Riau: Rp 2,2 Miliar Untuk Parfum Ruangan Itu Wajar

Anggaran sebesar Rp 2,2 miliar untuk parfum ruangan dari APBD Riau itu dianggap wajar.

BUMD Riau Itu Bukan Sekadar Badan 'Aksesoris' Ekonomi
Senin, 23 Januari 2017 10:25

BUMD Riau Itu Bukan Sekadar Badan 'Aksesoris' Ekonomi

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) di Riau, diminta lebih aktif dalam upaya memperbaiki masalah internal. Sehingga berdampak positif terhadap hasil produks

Lowongan Kerja di Tranvision
Senin, 23 Januari 2017 10:00

Lowongan Kerja di Tranvision

Bagi anda yang sedang mencari informasi lowongan kerja seputar Pekanbaru,  kini Transvision Perusahaan dari Trans Media CT Corps di Pekanbaru yang bergerak dibidang TV berlangganan

Gubri Tidak Hadir di Menara Dang Merdu
Senin, 23 Januari 2017 09:40

Gubri Tidak Hadir di Menara Dang Merdu

Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman tidak memenuhi undangannya untuk hadir di menara Dang Merdu, Bank Riau Kepri, Jalan Sudirman, Pekanbaru, Senin (23/01/2017).

Hujan Pagi Ini, Hotspot pun Nihil di Riau
Senin, 23 Januari 2017 09:30

Hujan Pagi Ini, Hotspot pun Nihil di Riau

Senin (23/01/2017), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui pantauan satelit mendeteksi tidak ada hotspot atau titik panas di Provinsi Riau. Sebelumnya Riau selalu rawan jika mulai memasuki musim kemarau.

Sore dan Malam Riau Juga Berpeluang Hujan
Senin, 23 Januari 2017 09:00

Sore dan Malam Riau Juga Berpeluang Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi selain pagi hari hujan masih berkemungkinan turun pada sore atau malam hari, Senin (23/01/2017). Saat ini memang Riau sedang memasuki musim peralihand ari hujan ke kemarau.

PT Axa Financial Buka Lowongan Kerja
Senin, 23 Januari 2017 08:30

PT Axa Financial Buka Lowongan Kerja

Mencari informasi lowongan kerja?  Kini salah satu perusahaan, yakni PT. AXA Financial lndonesia merupakan Perusahaan yang bergerak dibidangJasa Asuransi berskala Internasional.

Gubri Diagendakan Hadir Rapat Karhutla di Istana Negara
Senin, 23 Januari 2017 08:10

Gubri Diagendakan Hadir Rapat Karhutla di Istana Negara

Masalah Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Riau, menjadi masalah yang paling dipersoalkan. Faktanya, identitas Riau sebagai salah satu daerah penyumbang kabut asap, bukan hanya dikancah nasional. Tapi internasional.

Ngerinya Gigitan Nyamuk di Kota Sakral Anuradhapura
Minggu, 22 Januari 2017 23:12

Ngerinya Gigitan Nyamuk di Kota Sakral Anuradhapura

Sejarah Kota Anuradhapura memang luar biasa. Kota ini pusat agama Buddha yang kemudian menyebar ke berbagai negara di dunia. Buddha di China, Korea, Amerika Serikat, Bangkok, Singapura, Malaysia dan Indonesia berasal dari kota ini.

Dosen Unand Ini Antusias dengan Keberadaan Komunitas Peduli Pendidikan
Minggu, 22 Januari 2017 21:29

Dosen Unand Ini Antusias dengan Keberadaan Komunitas Peduli Pendidikan

Keberadaan beberapa komunitas memang menjadi pro dan kontra dikalangan masyarakat. Ada yang mendukung aksi dari beberapa komunitas, ada yang menilai komunitas hanya sebagai ajang untuk memperbanyak teman atau hura-hura semata.