Komunitas 1000 Guru, Ini Cara Mereka Mengabdi

Jumat, 30 Desember 2016 21:34
Komunitas 1000 Guru, Ini Cara Mereka Mengabdi
BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Bagi mereka yang ingin menjadikan dirinya lebih bermanfaat dengan mengabdi memberikan pengajaran ke daerag pedalaman, maka Komunitas 1000 Guru Riaulah tempatnya.
 
Komunitas 1000 Guru Riau merupakan komunitas nonprofit yang peduli terhadap pendidikan di daerah pedalaman, terutama yang lebih dikhususkan pengajaran ke Sekolah Dasar (SD).
 
"Selain memberikan pengajaran, kami juga memberikan donasi berupa buku, alat tulis kantor berupa pensil, penghapus dan juga tas kepada siswa-siswi yang kami temui di daerah pedalaman," tutur Zulfa Meizanita selaku leader Komunitas 1000 Guru Riau.
 
Sejarahnya, Komunitas 1000 Guru Riau merupakan salah satu dari 35 regional 1000 guru pusat yang terdapat di Jakarta. Komunitas 1000 guru Riau sendiri terbentuk sejak tanggal 22 Agustus 2015. Yang mana kini anggota Komunitas 1000 Guru Riau beranggotakan 28 orang dari berbagai kalangan, diantaranya mahasiswa.
 
Untuk kegiatan utamanya, Komunitas 1000 Guru Riau biasanya melakukan Teaching and Travelling atau yang disingkat TNT. Biasanya kegiatan tersebut mereka lakukan setiap dua bulan sekali diiakhir pekan. 
 
"Biasanya kami pergi ke sekolah yang berada di pedalaman pada hari Jumat, pada hari sabtunya kami mengadakan teaching atau pengajaran ke sekolah di daerah pedalaman yang kami kunjungi. Nah baru pada hari Minggunya kami melakukan travelling dengan melakukan eksplorasi terhadap daerah yang kami kunjungi bersama warga sekitar," terang Zulfa Meizanita yang juga merupakan mahasiswi aktif di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru, jurusan Bimbingan Konseling.
 
Lebih lanjut, wanita yang disapa Zulfa ini menerangkan kenapa tujuan pengajaran fokus kepada siswa Sekolah Dasar (SD), hal ini dikarenakam siswa-siswi SD yang masih kecil sehingga masih mudah untuk diberikan motifasi dan diubah mindsetnya bahwasanya pendidikan itu sangat penting. 
 
"Setiap pengajaran yang kami berikan selalu diselipkan motifasi untuk mengingatkan bahwa sangat pentingnya pendidikan. Karena sering ditemui kebanyakan mereka lebih mementingkan untuk kerja dibandingkan sekolah. Seperti meliburkan diri untuk berjualan di pasar," tambah Zulfa Meizanita
 
Selain itu, tujuan Komunitas 1000 guru Riau ialah untuk mengajak pemuda pemudi indonesia khususnya di Riau, untuk lebih peduli kepada pendidikan pedalaman. Mengajak para pengajar untuk terjun ke lapangan untuk melihat pendidikan di pedalaman. 
 
"Pertama kali terbentuk, kami melakukan Teaching and Travelling ke Batang Gansal, Indragiri Hulu untuk mengajar Suku Talang Mamak. Kedua kami ada trip ke Kampar Kiri Hulu, Desa Koto Lamo. Yang ketiga kami trip ke Rupat. Biasanya TNT kami lakukan dua bulan sekali tergantung kekuatan anggota," terang Ulul Azmi salah satu anggota Komunitas 1000 Guru Riau.
 
Selain melakukan TNT, Komunitas 1000 Guru Riau juga memiliki agenda lain seperti Teaching n Giving atau yang dsingkat TNG yang biasanya dilakukan sebulan sekali, dan dilakukan dalam sehari. Biasanya sekolah yang ditujupun merupakan sekolah yang dekat dimana regional itu berada.
 
Untuk perekrutan anggota, Komunitaas 1000 Guru Riau biasanya melakukan rerekrutan anggota baru melalui poster di instagram, dan sesuai kebutuhan. Dengan syarat utama yang lebih didahulukan oleh Komunitas 1000 Guru Riau ialah bisa berkomunikasi dalam berkelompok dengan sangat baik.
 
Untuk kedepannya, Komunitas 1000 Guru Riau berharap semoga semakin banyak donatur yang ingin bergabung dan bekerjasama. Hal ini dikarenakan selama ini banyak halangan yang Komunitas 1000 Guru Riau alami. Salah satunya yakni kurangnya donatur yang ingin ikut membantu pendidikan di pedalaman
 
Penulis: Teguh Asrin
Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

Lowongan Kerja Tenaga Pengajar di Pekanbaru
Rabu, 21 Pebruari 2018 10:00

Lowongan Kerja Tenaga Pengajar di Pekanbaru

SD & SMP Islam Plus As-Syahira Amka sedang membutuhkan tenaga kerja untuk ditempatkan pada posisi tenaga pengajar/guru.

Pemprov Riau Dituding Asal-asalan Mutasi Kepala SMA
Rabu, 21 Pebruari 2018 09:45

Pemprov Riau Dituding Asal-asalan Mutasi Kepala SMA

Pemprov Riau dituding melakukan mutasi Kepala SMA dengan asal-asalan.

Rencana Bangun Pasar Induk, Pemprov Riau Ingin Pemko Tawarkan Konsep Jelas
Rabu, 21 Pebruari 2018 09:30

Rencana Bangun Pasar Induk, Pemprov Riau Ingin Pemko Tawarkan Konsep Jelas

Pemprov Riau ingin Pemko Pekanbaru punya tawaran konsep jelas terkait rencana akan dibangunnya pasar induk.

Cek Daerah yang Terimbas Pemadaman Listrik di Pekanbaru Hari Ini
Rabu, 21 Pebruari 2018 09:15

Cek Daerah yang Terimbas Pemadaman Listrik di Pekanbaru Hari Ini

PLN kembali akan melakukan pemadaman listrik untuk daerah Kota Pekanbaru dan sekitarnya hari ini, Rabu (21/2/2018).

Pagi dan Siang Cerah Berawan, Malam Hari Riau Diguyur Hujan
Rabu, 21 Pebruari 2018 09:00

Pagi dan Siang Cerah Berawan, Malam Hari Riau Diguyur Hujan

BMKG Stasiun Pekanbaru memperkirakan kondisi cuaca di Riau pada pagi ini, Rabu (21/2/2018) cerah dan berawan pada pagi hingga siang hari.

Kriteria Calon Suami(1): Seorang Mukmin Dengan Akidah yang Lurus dan Taat
Rabu, 21 Pebruari 2018 08:45

Kriteria Calon Suami(1): Seorang Mukmin Dengan Akidah yang Lurus dan Taat

Memilih pasangan hidup bukan hanya harus dilakukan oleh kaum laki-laki, tetapi juga perempuan. Perempuan harus tahu lelaki seperti apa yang dianjurkan Islam untuk menikah dengannya.

3 Hotspot Muncul Lagi di Riau
Rabu, 21 Pebruari 2018 08:31

3 Hotspot Muncul Lagi di Riau

Sebanyak 3 titik panas (hotspot) kembali terdeteksi keberadaanya di Provinsi Riau.

BKD Riau: Oknum PNS Penipu Itu Sudah Lama Tak Masuk Kantor
Rabu, 21 Pebruari 2018 08:13

BKD Riau: Oknum PNS Penipu Itu Sudah Lama Tak Masuk Kantor

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau Ikhwan Ridwan mengatakan oknum PNS melakukan penipuan itu memang sudah lama tidak masuk kantor. Namanya Yulizarman Indal. Kata Ikwan dia adalah pegawai di Biro Umum Setdaprov Riau.

UCL: Munchen Benamkan Besiktas 5-0
Rabu, 21 Pebruari 2018 05:27

UCL: Munchen Benamkan Besiktas 5-0

Bayern Munchen mampu memetik kemenangan telak di pertandingan leg pertama babak 16 besar final UEFA Champions League (UCL), Rabu (21/2/2018) dini hari.

Hilangkan Bukti Pembantaian, Myanmar Dituding Sapu Bersih Kuburan Warga Rohingya
Rabu, 21 Pebruari 2018 05:14

Hilangkan Bukti Pembantaian, Myanmar Dituding Sapu Bersih Kuburan Warga Rohingya

 Pemerintah Myanmar dituding telah menyapu bersih kuburan masal warga muslim Rohingya bekas pembantaian militernya.