Komunitas 1000 Guru, Ini Cara Mereka Mengabdi

Jumat, 30 Desember 2016 21:34
Komunitas 1000 Guru, Ini Cara Mereka Mengabdi
BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Bagi mereka yang ingin menjadikan dirinya lebih bermanfaat dengan mengabdi memberikan pengajaran ke daerag pedalaman, maka Komunitas 1000 Guru Riaulah tempatnya.
 
Komunitas 1000 Guru Riau merupakan komunitas nonprofit yang peduli terhadap pendidikan di daerah pedalaman, terutama yang lebih dikhususkan pengajaran ke Sekolah Dasar (SD).
 
"Selain memberikan pengajaran, kami juga memberikan donasi berupa buku, alat tulis kantor berupa pensil, penghapus dan juga tas kepada siswa-siswi yang kami temui di daerah pedalaman," tutur Zulfa Meizanita selaku leader Komunitas 1000 Guru Riau.
 
Sejarahnya, Komunitas 1000 Guru Riau merupakan salah satu dari 35 regional 1000 guru pusat yang terdapat di Jakarta. Komunitas 1000 guru Riau sendiri terbentuk sejak tanggal 22 Agustus 2015. Yang mana kini anggota Komunitas 1000 Guru Riau beranggotakan 28 orang dari berbagai kalangan, diantaranya mahasiswa.
 
Untuk kegiatan utamanya, Komunitas 1000 Guru Riau biasanya melakukan Teaching and Travelling atau yang disingkat TNT. Biasanya kegiatan tersebut mereka lakukan setiap dua bulan sekali diiakhir pekan. 
 
"Biasanya kami pergi ke sekolah yang berada di pedalaman pada hari Jumat, pada hari sabtunya kami mengadakan teaching atau pengajaran ke sekolah di daerah pedalaman yang kami kunjungi. Nah baru pada hari Minggunya kami melakukan travelling dengan melakukan eksplorasi terhadap daerah yang kami kunjungi bersama warga sekitar," terang Zulfa Meizanita yang juga merupakan mahasiswi aktif di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru, jurusan Bimbingan Konseling.
 
Lebih lanjut, wanita yang disapa Zulfa ini menerangkan kenapa tujuan pengajaran fokus kepada siswa Sekolah Dasar (SD), hal ini dikarenakam siswa-siswi SD yang masih kecil sehingga masih mudah untuk diberikan motifasi dan diubah mindsetnya bahwasanya pendidikan itu sangat penting. 
 
"Setiap pengajaran yang kami berikan selalu diselipkan motifasi untuk mengingatkan bahwa sangat pentingnya pendidikan. Karena sering ditemui kebanyakan mereka lebih mementingkan untuk kerja dibandingkan sekolah. Seperti meliburkan diri untuk berjualan di pasar," tambah Zulfa Meizanita
 
Selain itu, tujuan Komunitas 1000 guru Riau ialah untuk mengajak pemuda pemudi indonesia khususnya di Riau, untuk lebih peduli kepada pendidikan pedalaman. Mengajak para pengajar untuk terjun ke lapangan untuk melihat pendidikan di pedalaman. 
 
"Pertama kali terbentuk, kami melakukan Teaching and Travelling ke Batang Gansal, Indragiri Hulu untuk mengajar Suku Talang Mamak. Kedua kami ada trip ke Kampar Kiri Hulu, Desa Koto Lamo. Yang ketiga kami trip ke Rupat. Biasanya TNT kami lakukan dua bulan sekali tergantung kekuatan anggota," terang Ulul Azmi salah satu anggota Komunitas 1000 Guru Riau.
 
Selain melakukan TNT, Komunitas 1000 Guru Riau juga memiliki agenda lain seperti Teaching n Giving atau yang dsingkat TNG yang biasanya dilakukan sebulan sekali, dan dilakukan dalam sehari. Biasanya sekolah yang ditujupun merupakan sekolah yang dekat dimana regional itu berada.
 
Untuk perekrutan anggota, Komunitaas 1000 Guru Riau biasanya melakukan rerekrutan anggota baru melalui poster di instagram, dan sesuai kebutuhan. Dengan syarat utama yang lebih didahulukan oleh Komunitas 1000 Guru Riau ialah bisa berkomunikasi dalam berkelompok dengan sangat baik.
 
Untuk kedepannya, Komunitas 1000 Guru Riau berharap semoga semakin banyak donatur yang ingin bergabung dan bekerjasama. Hal ini dikarenakan selama ini banyak halangan yang Komunitas 1000 Guru Riau alami. Salah satunya yakni kurangnya donatur yang ingin ikut membantu pendidikan di pedalaman
 
Penulis: Teguh Asrin
TRAVELLING

Berita Terkini

Rabu, 28 Juni 2017 15:48

Arus Mudik Hari Ini, Jalur Batusangkar Merangkak

Tiga hari pasca lebaran, atau H+3 Hari Raya Idul Fitri, arus mudik kendaraan di beberapa jalan lintas tampak mulai padat dan merangkak. Salah satunya ialah jalan lintas menuju Batusangkar, Sumatera Barat.
Rabu, 28 Juni 2017 15:45

Liburan, Istana Pagaruyung Penuh Sesak

Momen hari libur raya Idul Fitri, dimanfaatkan oleh semua lapisan masyarakat untuk pergi berlibur mengunjungi objek-objek wisata, salah objek wisata yang ramai dikunjungi di Sumatera Barat ialah, Istana Baso Pagaruyung.
Rabu, 28 Juni 2017 15:39

H+3 Arus Mudik, Terjadi Peningkatan Penumpang di Terminal Pekanbaru

H+ 3 atau tiga hari selepas hari raya Idul Fitri, arus mudik kembali meningkat. Salah satunya ialah di Terminal Tipe A Bandar Raya Payung Sekaki (BRPS) Pekanbaru, Rabu (28/6/2017).
Rabu, 28 Juni 2017 15:36

Pengunjung Pulau Angso Duo Naik 2 Kali Lipat

Tiga hari lepas Raya Idul Fitri, wisatawan tampak banyak mengunjungi Pulau Angso Duo, Pariaman, Rabu (28/6/2017).
Peringati Idul Fitri dan Sambut Para Perantau, Warga Sei Belantik Gelar Acara Besar - Besaran
Rabu, 28 Juni 2017 09:21

Peringati Idul Fitri dan Sambut Para Perantau, Warga Sei Belantik Gelar Acara Besar - Besaran

Dalam rangka memperingati hari Raya Idul Fitri dan menyambut para perantau yang pulang kampung kembali tanah kelahirannya, warga Desa Sei Belantik

Rabu, 28 Juni 2017 08:56

Hotspot Hanya Ada di Sumatera Selatan

Rabu (28/06/2017), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) catat Pulau Sumatera minim hotspot atau titik panas. Hal itu membuat jarak pandang di Riau normal.
BMKG: Riau Hujan Sore dan Malam Hari Disertai Angin Kencang
Rabu, 28 Juni 2017 08:45

BMKG: Riau Hujan Sore dan Malam Hari Disertai Angin Kencang

Rabu (28/06/2017), peluang hujan kemungkinan masih akan mengguyur Riau dan sekitarnya. Hujan dapat disertai angin kencang pada sore atau malam hari.

Berat Badan Bertambah, Ini Tips Agar 'Kurus' Sehabis Lebaran
Rabu, 28 Juni 2017 06:00

Berat Badan Bertambah, Ini Tips Agar 'Kurus' Sehabis Lebaran

Bagaimana tidak, lepas dari berpuasa sebulan penuh ternyata tidak sedikit yang malah sulit menghentikan kebiasaan makan. 

Bejat! Pria Rusia Perkosa Putri Angkatnya 729 Kali
Selasa, 27 Juni 2017 21:05

Bejat! Pria Rusia Perkosa Putri Angkatnya 729 Kali

Tidak hanya itu, pelaku juga disebut menerima dana pengasuhan sebesar 20 ribu Rubel atau sekitar Rp4 juta per bulan, untuk setiap anak yang dia asuh.

Payakumbuh Panas Kepanjangan, Warga Berbondong-Bondong Mandi di Kaki Bukit
Selasa, 27 Juni 2017 20:35

Payakumbuh Panas Kepanjangan, Warga Berbondong-Bondong Mandi di Kaki Bukit

Kekeringan air yang sudah terjadi selama beberapa waktu terakhir ini tidak hanya terjadi pada saat ini saja