Komunitas 1000 Guru, Ini Cara Mereka Mengabdi

Jumat, 30 Desember 2016 21:34
Komunitas 1000 Guru, Ini Cara Mereka Mengabdi
BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Bagi mereka yang ingin menjadikan dirinya lebih bermanfaat dengan mengabdi memberikan pengajaran ke daerag pedalaman, maka Komunitas 1000 Guru Riaulah tempatnya.
 
Komunitas 1000 Guru Riau merupakan komunitas nonprofit yang peduli terhadap pendidikan di daerah pedalaman, terutama yang lebih dikhususkan pengajaran ke Sekolah Dasar (SD).
 
"Selain memberikan pengajaran, kami juga memberikan donasi berupa buku, alat tulis kantor berupa pensil, penghapus dan juga tas kepada siswa-siswi yang kami temui di daerah pedalaman," tutur Zulfa Meizanita selaku leader Komunitas 1000 Guru Riau.
 
Sejarahnya, Komunitas 1000 Guru Riau merupakan salah satu dari 35 regional 1000 guru pusat yang terdapat di Jakarta. Komunitas 1000 guru Riau sendiri terbentuk sejak tanggal 22 Agustus 2015. Yang mana kini anggota Komunitas 1000 Guru Riau beranggotakan 28 orang dari berbagai kalangan, diantaranya mahasiswa.
 
Untuk kegiatan utamanya, Komunitas 1000 Guru Riau biasanya melakukan Teaching and Travelling atau yang disingkat TNT. Biasanya kegiatan tersebut mereka lakukan setiap dua bulan sekali diiakhir pekan. 
 
"Biasanya kami pergi ke sekolah yang berada di pedalaman pada hari Jumat, pada hari sabtunya kami mengadakan teaching atau pengajaran ke sekolah di daerah pedalaman yang kami kunjungi. Nah baru pada hari Minggunya kami melakukan travelling dengan melakukan eksplorasi terhadap daerah yang kami kunjungi bersama warga sekitar," terang Zulfa Meizanita yang juga merupakan mahasiswi aktif di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru, jurusan Bimbingan Konseling.
 
Lebih lanjut, wanita yang disapa Zulfa ini menerangkan kenapa tujuan pengajaran fokus kepada siswa Sekolah Dasar (SD), hal ini dikarenakam siswa-siswi SD yang masih kecil sehingga masih mudah untuk diberikan motifasi dan diubah mindsetnya bahwasanya pendidikan itu sangat penting. 
 
"Setiap pengajaran yang kami berikan selalu diselipkan motifasi untuk mengingatkan bahwa sangat pentingnya pendidikan. Karena sering ditemui kebanyakan mereka lebih mementingkan untuk kerja dibandingkan sekolah. Seperti meliburkan diri untuk berjualan di pasar," tambah Zulfa Meizanita
 
Selain itu, tujuan Komunitas 1000 guru Riau ialah untuk mengajak pemuda pemudi indonesia khususnya di Riau, untuk lebih peduli kepada pendidikan pedalaman. Mengajak para pengajar untuk terjun ke lapangan untuk melihat pendidikan di pedalaman. 
 
"Pertama kali terbentuk, kami melakukan Teaching and Travelling ke Batang Gansal, Indragiri Hulu untuk mengajar Suku Talang Mamak. Kedua kami ada trip ke Kampar Kiri Hulu, Desa Koto Lamo. Yang ketiga kami trip ke Rupat. Biasanya TNT kami lakukan dua bulan sekali tergantung kekuatan anggota," terang Ulul Azmi salah satu anggota Komunitas 1000 Guru Riau.
 
Selain melakukan TNT, Komunitas 1000 Guru Riau juga memiliki agenda lain seperti Teaching n Giving atau yang dsingkat TNG yang biasanya dilakukan sebulan sekali, dan dilakukan dalam sehari. Biasanya sekolah yang ditujupun merupakan sekolah yang dekat dimana regional itu berada.
 
Untuk perekrutan anggota, Komunitaas 1000 Guru Riau biasanya melakukan rerekrutan anggota baru melalui poster di instagram, dan sesuai kebutuhan. Dengan syarat utama yang lebih didahulukan oleh Komunitas 1000 Guru Riau ialah bisa berkomunikasi dalam berkelompok dengan sangat baik.
 
Untuk kedepannya, Komunitas 1000 Guru Riau berharap semoga semakin banyak donatur yang ingin bergabung dan bekerjasama. Hal ini dikarenakan selama ini banyak halangan yang Komunitas 1000 Guru Riau alami. Salah satunya yakni kurangnya donatur yang ingin ikut membantu pendidikan di pedalaman
 
Penulis: Teguh Asrin
TRAVELLING

Berita Terkini

Ratusan Supir Taksi Konvensional Datangi Kantor Walikota Pekanbaru
Senin, 21 Agustus 2017 09:17

Ratusan Supir Taksi Konvensional Datangi Kantor Walikota Pekanbaru

Ratusan supir taksi konvensional datangi Kantor Walikota Pekanbaru, Senin (21/8/2017).

Malam Ini Hujan Tidak Merata di Riau
Senin, 21 Agustus 2017 08:58

Malam Ini Hujan Tidak Merata di Riau

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi Provinsi Riau dan sekitarnya berpeluang hujan pada Senin malam (21/08/2017).

Ibu Teroris Barcelona: Menyerahlah Nak, Daripada Mati
Senin, 21 Agustus 2017 08:37

Ibu Teroris Barcelona: Menyerahlah Nak, Daripada Mati

Teror di Barcelona menyisakan luka mendalam. Kini Kepolisian Spanyol terus melakukan pengejaran. Dan pria yang diduga sebagai pelakunya itu adalah Younes Abouyaaqoub.

Inilah 3 Tips Jitu, Saatnya Ajari Anak Kelola Duit
Senin, 21 Agustus 2017 08:14

Inilah 3 Tips Jitu, Saatnya Ajari Anak Kelola Duit

Sebaiknya mengajari anak untuk melola keuangan dimulai sejak dini. Seperti apa mengajarkan perencanaan keuangan untuk anak?

Berawal Dari Spanduk Larang Beroperasi, Pemko Pekanbaru Ogah Tanggungjawab Soal Bentrok Gojek
Senin, 21 Agustus 2017 07:42

Berawal Dari Spanduk Larang Beroperasi, Pemko Pekanbaru Ogah Tanggungjawab Soal Bentrok Gojek

Sikap Pemko Pekanbaru telah memicu kerususan antara pengemudi angkutan umum di Kota Pekanbaru. Kisruh yang terjadi di Jalan Soekarno Hatta, Minggu kemarin merupakan peristiwa kedua kalinya bentok antara supir angkutan online dengan supir angkutan konvensional.

Gila, Kakak Memperkosa Remaja, Gadis Ini Bertugas Merekam
Senin, 21 Agustus 2017 07:11

Gila, Kakak Memperkosa Remaja, Gadis Ini Bertugas Merekam

Ini perbuatan gila. David Thatcher menjebak gadis remaja dan memperkosanya. Sedang Emily Thomson bertugas merekam adegan perkosaan itu. Sudah tiga gadis yang menjadi korban keduanya.

Galangan Kapal Meledak, Empat Pekerja Tewas
Senin, 21 Agustus 2017 07:10

Galangan Kapal Meledak, Empat Pekerja Tewas

Galangan kapal meledak, untuk sementara sudah empat pekerja tewas. Mereka saat itu sedang melakukan pengecatan di perusahaan pembuatan kapal, STX Offshore.

Pasca Bentrokan, Ini Situasi Terkini di Samping Mall SKA
Minggu, 20 Agustus 2017 22:30

Pasca Bentrokan, Ini Situasi Terkini di Samping Mall SKA

Pasca kejadian bentrokan antara ojek online (Gojek) dan Taksi Kopsi, situasi di lokasi kejadian tampak berjalan normal.

Siap-siap Besok Macet, Kopsi Adakan Aksi Solidaritas
Minggu, 20 Agustus 2017 22:15

Siap-siap Besok Macet, Kopsi Adakan Aksi Solidaritas

Siap-siap Besok Macet, Kopsi Adakan Aksi Solidaritas

Aksi Rusuh Memuncak, Tukang Gojek Sebut Solidaritas
Minggu, 20 Agustus 2017 21:53

Aksi Rusuh Memuncak, Tukang Gojek Sebut Solidaritas

Peristiwa rusuh antara Gojek dan Taksi Konvensional di Pekanbaru kembali terjadi Minggu (20/8/2017) sekira pukul 18.25 WIB dijalan Arengka tidak jauh dari Mal SKA.