Komunitas 1000 Guru, Ini Cara Mereka Mengabdi

Jumat, 30 Desember 2016 21:34
Komunitas 1000 Guru, Ini Cara Mereka Mengabdi
BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Bagi mereka yang ingin menjadikan dirinya lebih bermanfaat dengan mengabdi memberikan pengajaran ke daerag pedalaman, maka Komunitas 1000 Guru Riaulah tempatnya.
 
Komunitas 1000 Guru Riau merupakan komunitas nonprofit yang peduli terhadap pendidikan di daerah pedalaman, terutama yang lebih dikhususkan pengajaran ke Sekolah Dasar (SD).
 
"Selain memberikan pengajaran, kami juga memberikan donasi berupa buku, alat tulis kantor berupa pensil, penghapus dan juga tas kepada siswa-siswi yang kami temui di daerah pedalaman," tutur Zulfa Meizanita selaku leader Komunitas 1000 Guru Riau.
 
Sejarahnya, Komunitas 1000 Guru Riau merupakan salah satu dari 35 regional 1000 guru pusat yang terdapat di Jakarta. Komunitas 1000 guru Riau sendiri terbentuk sejak tanggal 22 Agustus 2015. Yang mana kini anggota Komunitas 1000 Guru Riau beranggotakan 28 orang dari berbagai kalangan, diantaranya mahasiswa.
 
Untuk kegiatan utamanya, Komunitas 1000 Guru Riau biasanya melakukan Teaching and Travelling atau yang disingkat TNT. Biasanya kegiatan tersebut mereka lakukan setiap dua bulan sekali diiakhir pekan. 
 
"Biasanya kami pergi ke sekolah yang berada di pedalaman pada hari Jumat, pada hari sabtunya kami mengadakan teaching atau pengajaran ke sekolah di daerah pedalaman yang kami kunjungi. Nah baru pada hari Minggunya kami melakukan travelling dengan melakukan eksplorasi terhadap daerah yang kami kunjungi bersama warga sekitar," terang Zulfa Meizanita yang juga merupakan mahasiswi aktif di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru, jurusan Bimbingan Konseling.
 
Lebih lanjut, wanita yang disapa Zulfa ini menerangkan kenapa tujuan pengajaran fokus kepada siswa Sekolah Dasar (SD), hal ini dikarenakam siswa-siswi SD yang masih kecil sehingga masih mudah untuk diberikan motifasi dan diubah mindsetnya bahwasanya pendidikan itu sangat penting. 
 
"Setiap pengajaran yang kami berikan selalu diselipkan motifasi untuk mengingatkan bahwa sangat pentingnya pendidikan. Karena sering ditemui kebanyakan mereka lebih mementingkan untuk kerja dibandingkan sekolah. Seperti meliburkan diri untuk berjualan di pasar," tambah Zulfa Meizanita
 
Selain itu, tujuan Komunitas 1000 guru Riau ialah untuk mengajak pemuda pemudi indonesia khususnya di Riau, untuk lebih peduli kepada pendidikan pedalaman. Mengajak para pengajar untuk terjun ke lapangan untuk melihat pendidikan di pedalaman. 
 
"Pertama kali terbentuk, kami melakukan Teaching and Travelling ke Batang Gansal, Indragiri Hulu untuk mengajar Suku Talang Mamak. Kedua kami ada trip ke Kampar Kiri Hulu, Desa Koto Lamo. Yang ketiga kami trip ke Rupat. Biasanya TNT kami lakukan dua bulan sekali tergantung kekuatan anggota," terang Ulul Azmi salah satu anggota Komunitas 1000 Guru Riau.
 
Selain melakukan TNT, Komunitas 1000 Guru Riau juga memiliki agenda lain seperti Teaching n Giving atau yang dsingkat TNG yang biasanya dilakukan sebulan sekali, dan dilakukan dalam sehari. Biasanya sekolah yang ditujupun merupakan sekolah yang dekat dimana regional itu berada.
 
Untuk perekrutan anggota, Komunitaas 1000 Guru Riau biasanya melakukan rerekrutan anggota baru melalui poster di instagram, dan sesuai kebutuhan. Dengan syarat utama yang lebih didahulukan oleh Komunitas 1000 Guru Riau ialah bisa berkomunikasi dalam berkelompok dengan sangat baik.
 
Untuk kedepannya, Komunitas 1000 Guru Riau berharap semoga semakin banyak donatur yang ingin bergabung dan bekerjasama. Hal ini dikarenakan selama ini banyak halangan yang Komunitas 1000 Guru Riau alami. Salah satunya yakni kurangnya donatur yang ingin ikut membantu pendidikan di pedalaman
 
Penulis: Teguh Asrin
Klik tombol Like jika Anda suka dengan Berita ini

TRAVELLING

Berita Terkini

RAPP Soal PTUN KLHK, Djarot: Ini Kasus Administratif
Rabu, 13 Desember 2017 20:37

RAPP Soal PTUN KLHK, Djarot: Ini Kasus Administratif

PT. RAPP memberi jawaban klarifikasi atas semua tuduhan. Termasuk tudingan bahwa perusahaan milik Sukanto Tanoto itu telah membangkang, dan melawan negara. 

Polda Riau 'Pernah' Catat Rekor Bagus, Akankah Terulang?
Rabu, 13 Desember 2017 20:02

Polda Riau 'Pernah' Catat Rekor Bagus, Akankah Terulang?

Polda Riau pernah punya rekor bagus tangani kasus lingkungan hidup dan kehutanan.

Pansus Napza: Dunia Hiburan Harus Berperan Cegah Peredaran Narkoba
Rabu, 13 Desember 2017 19:58

Pansus Napza: Dunia Hiburan Harus Berperan Cegah Peredaran Narkoba

Pansus Napza DPRD Riau meminta pihak penyedia dunia hiburan memberikan peranannya dalam mencegah peredaran narkoba.

Ayo Ikutan Kompetesi Seni Jelang Pembukaan BATIQA Hotel Darmo Surabaya!
Rabu, 13 Desember 2017 18:50

Ayo Ikutan Kompetesi Seni Jelang Pembukaan BATIQA Hotel Darmo Surabaya!

PT BATIQA Hotel Manajemen akan segera membuka hotel ke-tujuhnya, BATIQA Hotel Darmo – Surabaya yang berlokasi strategis di Jl. Darmokali No. 60, pada kuartal pertama tahun 2018 mendatang. Jelang pembukaan acara tersebut, tim BATIQA Hotels telah menginformasikan serangkaian acara pre-opening, termasuk di dalamnya kompetisi seni: BATIQART Competition yang mengangkat tema “Bangga Dadi Arek Suroboyo” bagi seluruh pelajar dan mahasiswa di kota Surabaya.

AKHI 2017, Hadirkan Tabligh Akbar Bersama Ustadz Mustafa Umar
Rabu, 13 Desember 2017 16:33

AKHI 2017, Hadirkan Tabligh Akbar Bersama Ustadz Mustafa Umar

Bersempena dengan kegiatan sosial Ayo khitan Indonesia (AKHI) 2017,  juga akan digelar Tabligh Akbar bersama Ustaz Mustafa Umar yang akan dilaksanakan di Masjid Raya An Nur Pekanbaru,  Ahad (24/12/2017). 

Kapolda Riau Tak Transparan Tangani Karhutla
Rabu, 13 Desember 2017 16:20

Kapolda Riau Tak Transparan Tangani Karhutla

Di 100 hari kinerjanya, Kapolda Riau dianggap tak terbuka terhadap perkembangan kasus karhutla di Riau.

Waspada, Riau Peringkat 13 Darurat Narkoba Se-Indonesia
Rabu, 13 Desember 2017 16:12

Waspada, Riau Peringkat 13 Darurat Narkoba Se-Indonesia

 Peredaran narkoba mulai masuk di tingkat yang mengkhawatirkan. Dari seluruh daerah di Indonesia, Riau menempati peringkat 13 daerah dengan peredaran narkoba terbanyak.

Kapolda Lamban, Jikalahari Akan Teruskan Kasus Karhutla ke Mabes Polri
Rabu, 13 Desember 2017 15:20

Kapolda Lamban, Jikalahari Akan Teruskan Kasus Karhutla ke Mabes Polri

Jikalahari nilai kinerja Polda Riau lamban dalam menangani kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Karenanya Jikalahari akan teruskan kasus tersebut pada Mabes Polri.

Penuhi Undangan, Bupati Inhil Hadir Dalam Pisah Sambut Kapolres
Rabu, 13 Desember 2017 15:10

Penuhi Undangan, Bupati Inhil Hadir Dalam Pisah Sambut Kapolres

Bupati Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan memenuhi undangan untuk menghadiri acara pisah sambut Kapolres Inhil di Gedung Abdurrahman Siddik STAI Auliaurrasyidin, Tembilahan Hulu. 

Bangun Riau Complex, RAPP Utang USD 1 Miliar
Rabu, 13 Desember 2017 14:57

Bangun Riau Complex, RAPP Utang USD 1 Miliar

Bangun Riau Complex, RAPP disebut mendapatkan utangan dari pihak ketiga sebanyak USD 1 miliar.