Komunitas 1000 Guru, Ini Cara Mereka Mengabdi

Jumat, 30 Desember 2016 21:34 336
Komunitas 1000 Guru, Ini Cara Mereka Mengabdi
BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Bagi mereka yang ingin menjadikan dirinya lebih bermanfaat dengan mengabdi memberikan pengajaran ke daerag pedalaman, maka Komunitas 1000 Guru Riaulah tempatnya.
 
Komunitas 1000 Guru Riau merupakan komunitas nonprofit yang peduli terhadap pendidikan di daerah pedalaman, terutama yang lebih dikhususkan pengajaran ke Sekolah Dasar (SD).
 
"Selain memberikan pengajaran, kami juga memberikan donasi berupa buku, alat tulis kantor berupa pensil, penghapus dan juga tas kepada siswa-siswi yang kami temui di daerah pedalaman," tutur Zulfa Meizanita selaku leader Komunitas 1000 Guru Riau.
 
Sejarahnya, Komunitas 1000 Guru Riau merupakan salah satu dari 35 regional 1000 guru pusat yang terdapat di Jakarta. Komunitas 1000 guru Riau sendiri terbentuk sejak tanggal 22 Agustus 2015. Yang mana kini anggota Komunitas 1000 Guru Riau beranggotakan 28 orang dari berbagai kalangan, diantaranya mahasiswa.
 
Untuk kegiatan utamanya, Komunitas 1000 Guru Riau biasanya melakukan Teaching and Travelling atau yang disingkat TNT. Biasanya kegiatan tersebut mereka lakukan setiap dua bulan sekali diiakhir pekan. 
 
"Biasanya kami pergi ke sekolah yang berada di pedalaman pada hari Jumat, pada hari sabtunya kami mengadakan teaching atau pengajaran ke sekolah di daerah pedalaman yang kami kunjungi. Nah baru pada hari Minggunya kami melakukan travelling dengan melakukan eksplorasi terhadap daerah yang kami kunjungi bersama warga sekitar," terang Zulfa Meizanita yang juga merupakan mahasiswi aktif di Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Pekanbaru, jurusan Bimbingan Konseling.
 
Lebih lanjut, wanita yang disapa Zulfa ini menerangkan kenapa tujuan pengajaran fokus kepada siswa Sekolah Dasar (SD), hal ini dikarenakam siswa-siswi SD yang masih kecil sehingga masih mudah untuk diberikan motifasi dan diubah mindsetnya bahwasanya pendidikan itu sangat penting. 
 
"Setiap pengajaran yang kami berikan selalu diselipkan motifasi untuk mengingatkan bahwa sangat pentingnya pendidikan. Karena sering ditemui kebanyakan mereka lebih mementingkan untuk kerja dibandingkan sekolah. Seperti meliburkan diri untuk berjualan di pasar," tambah Zulfa Meizanita
 
Selain itu, tujuan Komunitas 1000 guru Riau ialah untuk mengajak pemuda pemudi indonesia khususnya di Riau, untuk lebih peduli kepada pendidikan pedalaman. Mengajak para pengajar untuk terjun ke lapangan untuk melihat pendidikan di pedalaman. 
 
"Pertama kali terbentuk, kami melakukan Teaching and Travelling ke Batang Gansal, Indragiri Hulu untuk mengajar Suku Talang Mamak. Kedua kami ada trip ke Kampar Kiri Hulu, Desa Koto Lamo. Yang ketiga kami trip ke Rupat. Biasanya TNT kami lakukan dua bulan sekali tergantung kekuatan anggota," terang Ulul Azmi salah satu anggota Komunitas 1000 Guru Riau.
 
Selain melakukan TNT, Komunitas 1000 Guru Riau juga memiliki agenda lain seperti Teaching n Giving atau yang dsingkat TNG yang biasanya dilakukan sebulan sekali, dan dilakukan dalam sehari. Biasanya sekolah yang ditujupun merupakan sekolah yang dekat dimana regional itu berada.
 
Untuk perekrutan anggota, Komunitaas 1000 Guru Riau biasanya melakukan rerekrutan anggota baru melalui poster di instagram, dan sesuai kebutuhan. Dengan syarat utama yang lebih didahulukan oleh Komunitas 1000 Guru Riau ialah bisa berkomunikasi dalam berkelompok dengan sangat baik.
 
Untuk kedepannya, Komunitas 1000 Guru Riau berharap semoga semakin banyak donatur yang ingin bergabung dan bekerjasama. Hal ini dikarenakan selama ini banyak halangan yang Komunitas 1000 Guru Riau alami. Salah satunya yakni kurangnya donatur yang ingin ikut membantu pendidikan di pedalaman
 
Penulis: Teguh Asrin
loading...
TRAVELLING

Berita Terkini

Ini Kronologis Tewasnya Karyawan Tersengat Listrik di Honda Soekarno Hatta
Kamis, 23 Maret 2017 20:51

Ini Kronologis Tewasnya Karyawan Tersengat Listrik di Honda Soekarno Hatta

Dedi (21) tewas tersengat listrik saat membersihkan logo Honda di Jalan Soekarno Hatta kamis (23/3/2017).

Disebut Abaikan K3, Ini Kata GM Dealer Honda Soekarno Hatta Pekanbaru
Kamis, 23 Maret 2017 20:35

Disebut Abaikan K3, Ini Kata GM Dealer Honda Soekarno Hatta Pekanbaru

Kejadian naas menimpa seorang karyawan outsorching yang bekerja di dealer Honda Soekarno Hatta. Pemuda tersebut tewas kesetrum ketika memperbaiki gondola dealer. 

GM Honda Soekarno-Hatta Benarkan Pemuda Kesetrum Karyawan Outsourcing
Kamis, 23 Maret 2017 20:12

GM Honda Soekarno-Hatta Benarkan Pemuda Kesetrum Karyawan Outsourcing

Pihak Honda Soekarno-Hatta enggan mengomentari kejadian naas yang menimpa seorang pemuda yang kesetrum di dealer tersebut

Cititel Dumai Beri Fasilitas dan Promo Menarik di Bulan Maret
Kamis, 23 Maret 2017 20:10

Cititel Dumai Beri Fasilitas dan Promo Menarik di Bulan Maret

Jika anda berkunjung ke kota Dumai untuk urusan bisnis atau hanya menjadi pilihan pelancong dan ingin menjajal fasilitas kamar serta sajian menu di hotel, tidak ada salahnya untuk mencoba tidur nyenyak di Cititel Hotel Dumai

Buntut Teror London, Polisi Inggris Tangkap 7 Orang
Kamis, 23 Maret 2017 20:02

Buntut Teror London, Polisi Inggris Tangkap 7 Orang

Teror London menyentak. Kendati jumlah yang meninggal dunia tidak banyak, tetapi kekejaman yang dilakukan ‘teroris’ itu teramat sadis.

TKP Orang Kesetrum Depan Dealer Honda Soekarno-Hatta Diberi Garis Polisi
Kamis, 23 Maret 2017 19:56

TKP Orang Kesetrum Depan Dealer Honda Soekarno-Hatta Diberi Garis Polisi

Kejadian naas menimpa seorang pemuda yang tengah bekerja di Dealer Honda Soekarno-Hatta. Diduga pemuda tersebut tewas tersengat aliran listrik tegangan tinggi saat memperbaiki gondola dealer.

Mall Pekanbaru Sediakan Ruangan Khusus Gadget Charger
Kamis, 23 Maret 2017 19:50

Mall Pekanbaru Sediakan Ruangan Khusus Gadget Charger

Sering kehabisan batrai handphone saat shopping dan jalan-jalan di Mall Pekanbaru? Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi. Karena kini Mall Pekanbaru menyediakan ruangan khusus untuk Gadget Charger.

Motif Sakit Hati, Pria Paruh Baya Ditusuk Hingga Tewas
Kamis, 23 Maret 2017 19:41

Motif Sakit Hati, Pria Paruh Baya Ditusuk Hingga Tewas

Percekcokan berakhir maut. Anton 55 tahun harus meregang nyawanya dengan pisau.

Penuh Lobang dan Tidak Rata, Jalan Garuda Sakti Rawan Kecelakaan
Kamis, 23 Maret 2017 19:30

Penuh Lobang dan Tidak Rata, Jalan Garuda Sakti Rawan Kecelakaan

Jalan Garuda Sakti yang merupakan salah satu jalan lintas utama di daerah Panam, Pekanbaru sudah hampir semua jalanannya berlobang, dan hampir setiap hari terjadi lakalantas.

138 Ribu Ton Amunisi Militer Meledak, 20 Ribu Warga Diungsikan
Kamis, 23 Maret 2017 19:23

138 Ribu Ton Amunisi Militer Meledak, 20 Ribu Warga Diungsikan

Gudang amunisi di pangkalan militer meledak, hampir 20 ribu orang dievakuasi. Itu terjadi di Kota Balakleya, Ukraina.