Awas, 5 Makanan Ini Bisa Menggugurkan Kandungan

Minggu, 26 Pebruari 2017 08:00
Awas, 5 Makanan Ini Bisa Menggugurkan Kandungan
(ilustrasi:net)

BERTUAHPOS.COM (BPC) - Masa-masa kehamilan seorang wanita yang sdah berkeluarga adalah masa yang ditunggu-tunggu. Pentingnya menjaga pola makan sangat mendukung perkembangan dan kesehatan janin dan sang ibu.

Ada beberapa makanan ternyata bisa menyebabkan keguguran. Berikut ini adalah makanan yang adapat menyebabkan keguguran di masa kehamilan.

1. Telur mentah
Ibu hamil harus menghindari telur mentah atau makanan dengan telur mentah di dalamnya, seperti mayones. Jika ingin tetap mengonsumsi telur, sebaiknya putih dan kuning telur di masak hingga matang. Ini mampu mencegah risiko terjadinya keracunan akibat bakteri.

2. Smoked seafood
Smoked seafood atau seafood yang dibekukan merupakan salah satu makanan yang harus dihindari para ibu hamil. Makanan ini umumnya terkontaminasi dengan listeria yang bisa menyebabkan infeksi hingga keguguran.

3. Susu mentah
Sama seperti telur, ibu hamil juga dianjurkan untuk tidak mengonsumsi susu mentah atau dipasteurisasi dan makanan yang menggunakan bahan tersebut. Pasalnya, minuman ini juga bisa menyebabkan keracunan.

4. Hati hewan
Meski hati hewan bergizi, namun makannya ini bisa membahayakan ibu hamil keracunan. Apalagi jika hati diambil dari yang terinfeksi atau hewan yang sakit. Hati juga mengandung jumlah tinggi vitamin A dan kolesterol. Konsumsi ini secara berlebihan bisa mempengaruhi janin dan menyebabkan keguguran.

5. Kentang, pepaya dan nanas
Tak hanya berbahaya bagi wanita hamil, kentang tumbuh juga berbahaya bagi semua orang. Pasalnya, kentang tumbuh mengandung berbagai racun. Ada solanin pada kentang dengan kecambah hijau yang berbahaya bagi pertumbuhan janin. Pepaya yang masih mentah juga diyakini menyebabkan keguguran. Alasan di balik ini adalah pepaya mengandung enzim yang bisa menyebabkan kontraksi rahim yang memicu keguguran. Sementara nanas mengandung bromelain, yang dapat membuat otot rahim halus sehingga menyebabkan keguguran. Jika Anda mengkonsumsi ini selama tiga bulan pertama kehamilan, maka berisiko besar mengalami keguguran. 
 

TRAVELLING

Berita Terkini

Kamis, 25 Mei 2017 18:17

Ruko Penyedia Velg Mobil di Jalan Paus Ludes Terbakar

Satu unit Rumah Toko (ruko) yang menjual Velg dan ban mobil di Jalan Paus, Pekanbaru Kamis (25/5) ludes terbakar. Hingga pukul 17.39 WIB, petugas masih melakukan pemadaman.

Kamis, 25 Mei 2017 16:54

Disparpora dan BKD Rohil Tawarkan Program Nada dan Dakwah Saat Ramadan

Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) dan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Rohil, menawarkan program Nada dan Dakwah yang diperkirakan akan berlansug pada bulan Ramadan.

Kamis, 25 Mei 2017 14:54

Jelang Ramadan, Sekda Rohil Minta Kenyamanan dan Keamanan Masjid Ditingkatkan

Sekda Rohil, Surya Arfan meminta para pengurus masjid dan mushola di sekitar Bagansiapiapi untuk mampu menjadikan masjid, sebagai tempat yang nyaman terutama selama Ramadan.

Menjelang Ramadan, Pelabuhan Sungai Duku Ramai Lancar
Kamis, 25 Mei 2017 14:51

Menjelang Ramadan, Pelabuhan Sungai Duku Ramai Lancar

Aktifitas arus mudik para penumpang yang menggunakan, kapal Jelatik tujuan Selatpanjang di Pelabuhan Sungai Duku Pekanbaru, terpantau ramai lancar. "Banyak yang mudik menuju Selat Panjang, tercatat arus dalam

Bulan Puasa, Umat Muslim di Riau Harus Diberi Kenyamanan Beribadah
Kamis, 25 Mei 2017 14:44

Bulan Puasa, Umat Muslim di Riau Harus Diberi Kenyamanan Beribadah

Tepat tanggal 27 Mei 2017 nanti seluruh umat muslim melaksanakan ibadah puasa. Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman mengatakan atas nama

Saat Dirazia, Gepeng Ini Membawa Senjata Sajam
Kamis, 25 Mei 2017 12:58

Saat Dirazia, Gepeng Ini Membawa Senjata Sajam

Polresta Pekanbaru dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pekanbaru melaksanakan kegiatan Cipta Kondisi berupa Penertiban Gepeng (Pengemis) yang dipimpin oleh Kabid Ops Pol. PP Kota Pekanbaru Desheriyanto, kemarin.

Inilah Kronologi Ledakan Bom di Kampung Melayu
Kamis, 25 Mei 2017 12:55

Inilah Kronologi Ledakan Bom di Kampung Melayu

Dua ledakan bom di Kampung Melayu, Jakarta Timur menewaskan tiga orang polisi dan 10 orang lainnya.  Dijelaskan Bripda Febrianto Sinaga, anggota kepolisian yang tengah ditugaskan 

Gubernur Riau untuk Kedua Kalinya Dianugerahi TOP Pembina BUMD
Kamis, 25 Mei 2017 12:46

Gubernur Riau untuk Kedua Kalinya Dianugerahi TOP Pembina BUMD

Total 2000 BUMD di Indonesia  bersaing untuk mendapatkan penghargaan TOP BUMD 2017 dari Majalah BusinessNews Indonesia dan lembaga Asia Business Research Center, Rabu (24/05/17) di Rafflesia Grand Ballroom Balai Kartini Jakarta.

Beroperasi Tanpa Izin, PT MTF di Pekanbaru Terancam Pidana
Kamis, 25 Mei 2017 11:14

Beroperasi Tanpa Izin, PT MTF di Pekanbaru Terancam Pidana

Beroperasi tanpa izin, PT Mandiri Tunas Finance (MTF) terancam bakal terkena sanksi. Hal tersebut berdasarkan hasil inspeksi mendadak (Sidak) Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pekanbaru terhadap gudang  MTF di Jalan Rambutan.

Pemprov Riau Akan Panggil Pertamina Terkait Pengurangan Distribusi BBM Jenis Premium
Kamis, 25 Mei 2017 11:12

Pemprov Riau Akan Panggil Pertamina Terkait Pengurangan Distribusi BBM Jenis Premium

Pemprov Riau berjanji akan memanggil pihak PT Pertamina (Persero) terkait isu pengurangan distribusi BBM jenis premium belakangan ini.