Bulan Puasa, Masyarakat Riau 'Makan Babi Berjamaah'

Senin, 19 Juni 2017 18:49
Bulan Puasa, Masyarakat Riau 'Makan Babi Berjamaah'
ilustrasi: net

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU - Bulan puasa masyarakat Riau 'makan babi berjamaah'. Bagaimana tidak, produk mie asal Negara Korea itu begitu laris di pasar, dan sangat mudah ditemukan dibanyak ritel di Pekanbaru.

Bertuahpos.com, dalam suatu kesempatan pernah mewawancarai distributor Mie Samyang yang memasarkan produk itu di Riau, sebagian besar di Pekanbaru.

Saat awal produk itu keluar, tingkat konsumsinya sungguh mengejutkan. Dalam sehari Samyang ludes 100 bungkus. Itu pada tahun 2016 lalu. Kini, Samyang semakin banyak yang tahu dan menggemarinya. 

"Waktu awal jualan, kita hanya order 5 dus untuk mencoba," ungkap Melati, seorang distributor Samyang di Pekanbaru, dalam sebuah sesi wawancara dengan bertuahpos.com beberapa waktu lalu.

Semakin lama, Mie Samyang semakin banyak peminatnya. Hingga mencapai 100 bungkus untuk sehari. Itu sekitar 2016 lalu, kata Melati

"Setelah kita lihat banyak peminat Samyangnya maka kita memperbanyak orderan," ujarnya. 

Tidak ingin membuat pelanggan kecewa, Melati terus mengadakan stok lebih banyak. "Karena itu kita juga menambah stok yang tersedia lebih banyak lagi," sambungnya.

Samyang terdiri dari 2 variasi. Yakni Samyang hot chicken dan Samyang Cheese. Terdiri pula dari 2 jenis, berbentuk bungkus dan cup. Namun yang menjadi favorit yaitu Samyang Hot Chicken.

Namun produk ini kini mendadak populer, setelah BPOM menyatakan kalau Samyang positif mengandung babi. Itu dikeluarkan dalam sebuah rilis resmi pada Minggu kemrin. 

"Badan POM telah melakukan pengambilan sampel dan pengujian terhadap beberapa produk mi instan asal Korea ini. Dari beberapa produk yang telah dilakukan pengujian terhadap parameter DNA spesifik babi, beberapa produk menunjukkan positif terdeteksi mengandung DNA babi,” tulis siaran pers BPOM itu. 

Tanda itu berupa tulisan ‘Mengandung Babi’, dan gambar babi berwarna merah dalam kotak berwarna merah di atas dasar warna putih. BPOM menyatakan, bahwa produk-produk itu tidak mengikuti aturan Kepala Badan POM Nomor 12 tahun 2016, yang menyebut pangan olahan yang mengandung bahan tertentu yang berasal dari babi harus mencantumkan tanda khusus.

Importir yang mendatangkan mie-mie ini disebut tidak menginformasikan kepada BPOM saat mendaftaran produk ini untuk mendapatkan izin edar. 

Dan produk yang didaftarkan itu nyata mengandung babi, tetapi tidak mencantumkan tulisan ‘Mengandung Babi’ dan gambar babi dalam kemasannya.

Dengan kejadian ini, maka BPOM sudah memerintahkan importir menarik produk mie instan ini dari peredaran di seluruh Indonesia. (bpc3)

TRAVELLING

Berita Terkini

Jumat, 23 Juni 2017 09:00

Gara-gara Diguyur Hujan Peresmian RHT Diundur

Gara-gara dilanda hujan lebat sejak tadi malam hingga pagi ini, Jumat (23/6/2017), peresmian 2 Ruang Terbuka Hijau (RTH) diundur.

Banjir Parah Landa Kota Pekanbaru
Jumat, 23 Juni 2017 08:00

Banjir Parah Landa Kota Pekanbaru

Pekanbaru-Hujan yang turun dini hari hingga pukul 07.30 WIB di Kota Pekanbaru, mengakibatkan banjir hampir di setiap sudut dan tengah Kota Pekanbaru.

Unik, Kelompok Pengamen Ini Bergaya Islami
Jumat, 23 Juni 2017 01:30

Unik, Kelompok Pengamen Ini Bergaya Islami

Unik, itulah kata-kata yang keluar dari mulut pengunjung salah satu cafe saat kedatangan sekelompok pengamen

Pemkab Inhil Akan Gelar Pawai Takbir Hari Raya Idul Fitri Tahun 2017
Kamis, 22 Juni 2017 23:45

Pemkab Inhil Akan Gelar Pawai Takbir Hari Raya Idul Fitri Tahun 2017

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hilir (Inhil) akan menggelar pawai takbir di malam Hari Raya Idul Fitri Tahun 2017 dalam rangka menyemarakkan hari kemenangan umat Islam yang berdasarkan estimasi akan jatuh

Terminal dan Bandara Jadi Sasaran BPOM Dalam Pengawasan Makanan
Kamis, 22 Juni 2017 23:20

Terminal dan Bandara Jadi Sasaran BPOM Dalam Pengawasan Makanan

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), Pekanbaru kamis (22/6/2017) mengadakan pengawasan serta memberikan informasi mengenai makanan dan minuman layak di konsumsi 

Tidak Ada Satpol PP, Pasar Jongkok Delima Ramai, Jalan Macet Total
Kamis, 22 Juni 2017 22:30

Tidak Ada Satpol PP, Pasar Jongkok Delima Ramai, Jalan Macet Total

Jelang hari raya Idul Fitri, warga Kota Pekanbaru semakin banyak mempersiapkan segala keperluan. Salah satu tempat yang paling banyak diserbu ialah Pasar Jongkok

Dihadiri Wawako Ayat Cahyadi Posko Mudik Lebaran PKS Diresmikan
Kamis, 22 Juni 2017 22:09

Dihadiri Wawako Ayat Cahyadi Posko Mudik Lebaran PKS Diresmikan

Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi secara resmi membuka posko mudik Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di perbatasan Pekanbaru dan Kampar, Kamis (22/06/2017). Turut hadir peresmian tersebut Ketua DPW PKS

Terdakwa Korupsi Pedamaran Nilai Dakwaan Jaksa Kabur
Kamis, 22 Juni 2017 21:02

Terdakwa Korupsi Pedamaran Nilai Dakwaan Jaksa Kabur

Sidang perkara korupsi proyek Jembatan Pedamaran II dengan terdakwaI bus Kasri, mantan Kadis PU Kabupaten Rokan Hilir dan Minton Bangun ST, Chief Residen Engginer Manajemen Kontruksi

Ayo Saksikan Hiburan Rakyat Pacu Biduak di Danau Singkarak
Kamis, 22 Juni 2017 20:11

Ayo Saksikan Hiburan Rakyat Pacu Biduak di Danau Singkarak

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi direncanakan akan membuka loma Pacu Biduak Simawang 2017 yang akan diadakan di Dermaga Ombilin Danau Singkarak, Rabu

Sambut Malam 27 , Pemuda Siak Gelar Tanding Meriam Buluh
Kamis, 22 Juni 2017 20:10

Sambut Malam 27 , Pemuda Siak Gelar Tanding Meriam Buluh

Ada yang berbeda pada ramadhan kali ini, dimana sekelompok pemuda Kampung Benteng Hilir lakukan kegiatan tanding meriam buluh di samping kantor Camat lama atau sekarang di dekat kantor Bea Cukai kab.Siak,Kecamatan Mempura,Rabu (21/6/2017).