Waspada Saat Mudik! Ada 6 Titik Rawan Lintas Selatan di Riau

Rabu, 14 Juni 2017 10:32
Waspada Saat Mudik! Ada 6 Titik Rawan Lintas Selatan di Riau

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Mudik merupakan salah satu kebiasaan orang Indonesia saat merayakan Hari Idul Fitri. Bagi Anda yang merencanakan mudik tahun ini, Anda wajib mempersiapkan segalanya. Salah satunya mengetahui track atau jalur yang akan Anda lewati, seperti titik rawan.

Untuk lintas selatan di Provinsi Riau, berdasarkan pemetaan yang dibuat dari Dinas Perhubungan Provinsi Riau, terdapat enam titik rawan. Titik rawan pertama yang patut diperhatikan, terdapat di KM 9,9 dari Simpang 4 Pematang Rebah menuju Simpang Kasai. Pada jalur ini, kondisi jalan tergolong baik, tetapi belum dilengkapi oleh marka jalan, bahu jalan masih berupa tanah berkerikil, serta masih kurangnya fasilitas LLAJ.

Advertisement

Sementara, titik rawan jalur selatan Provinsi Riau yang ke dua terdapat di KM 106 dari Taluk Kuantan (Titik 0 = Simpang 4 Beringin Sawah) menuju Air Molek. Kondisi jalan pada jalur ini terdapat tikungan tajam ke kanan, marka jalan samar-samar, bahu jalan masih berupa tanah berkerikil,  serta jalan miring.

Baca: Waspada Saat Mudik! Selain Ada 3 Titik Rawan Lintas Timur di Riau, Masih Ada 4 Lagi

Baca: Nikmati Kelezatan Nasi Goreng Siram Ala Pesonna Hotel Pekanbaru

Titik rawan ketiga jalur selatan terdapat di KM 90,1 dari Taluk Kuantan (Titk 0 = Simp. 4 Beringin Sawah) menuju Air Molek, yang mana terdapat tikungan tajam, marka jalan samar, bahu jalan masih berupa tanah berkerikil, jarak pandang terhalang pepohonan yang tumbuh di sekitar jalan, serta kurangnya penerangan di malam hari.

Titik rawan keempat jalur selatan terdapat di KM 81,6 dari Taluk Kuantan (Titik 0 = Simpang 4 Beringin Sawah) menuju Air Molek. Pada jalur ini, terdapat tikungan tajam dengan kondisi jalan miring dan bergelombang, marka jalan samar, pada malam tidak ada penerangan, guardrail dan delinoator dalam keadaan rusak sehingga sangat rawan kecelakaan.

Baca: Waspada Saat Mudik! Selain Ada 3 Titik Rawan Lintas Timur di Riau, Masih Ada 4 Lagi

Titik rawan kelima jalur selatan terdapat di KM 25,5 dari Taluk Kuantan (Titik 0 = Simp. 4 Beringin Sawah) menuju Air Molek. Pada jalur ini, kondisi marka jalan samar, bahu jalan masih berupa tanah berkerikil, jarak pandang juga terhalang oleh pepohonan.

Terakhir, terdapat di KM 7,9 dari Tugu Cerano Taluk Kuantan menuju Batas Sumbar. Kondisi jalan bergelombang, marka jalan samar, bahu jalan masih berupa tanah berkerikil, kurangnya rambu-rambu di lokasi, serta keramaian cukup padat karena adanya kegiatan masyarakat sekitar.

Nahh, bagi Anda yang akan mudik melewati lintas selatatan Provinsi Riau, agar bisa memperhatikan titik rawan ini. Serta dapat berhati-hati dalam berkendara. (bpc9)