Waspada Saat Mudik! Ada 5 Titik Rawan di Jalur Utara Riau, Salah Satunya “Tikungan Maut”

Kamis, 08 Juni 2017 15:04

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Bagi Anda yang merencanakan mudik tahun ini, Anda wajib mempersiapkan segalanya. Salah satunya mengetahui track atau jalur yang akan Anda lewati, seperti titik rawan.

Untuk jalur utara, berdasarkan pemetaan yang telah dibuat oleh Dinas Perhubungan Provinsi Riau, terdapat lima titik rawan. 
Pertama, terdapat di KM 260 Bagan Batu. Titik ini terkenal dengan nama Tikungan Maut, tepatnya di Simpang Jalan Mutiara KM 13. Kondisi pada jalan ini tikungan tajam, bahu jalan kurang baik, tidak terdapat rambu peringatan dan persimpangan serta tanjakan dari arah Bagan Batu-Pekanbaru. Jarak pandang terhalang pohon sawit dan tanah. Sering terjadi kecelakaan informasi dari warga sekitar.

Kedua, titik rawan jalur utara terdapat di KM 11,9 dari Simpang Mawar, Duri arah Jurong. Kondisi pada jalan ini bergelombang, marka jalan tidak ada, jalan menikung, terdapat simpang dengan mobilitas tinggi, di sisi kanan jalan terdapat pagar besi yang terlalu dekat ke badan jalan.

Ketiga, titik rawan jalur utara terdapat di KM 63,4 dari Simpang Gelombang menuju Simpang Bangko, setelah Dealer Mitsubishi, Duri. Pada kondisi jalan ini bergelombang, marka jalan samar, terdapat persimpangan curam di sisi kiri jalan yang menyulitkan kendaraan keluar-masuk.

Baca: ASITA Riau Sebut Rencana Harga Tiket Pesawat Turun Hanya Basa-Basi Maskapai

Baca: Awas, Ada 5 Titik Rawan Jalur Lintas Barat

Keempat, titik rawan jalur utara terdapat di KM 18,1 dari Simpang Bingung menuju Simpang Perawang. Pada jalan ini, kondisi jalan baik, namun bahu jalan masih berupa tanah berkerikil, jarak pandang terhalang pepohonan sekitar, bahu jalan ± 25 cm di bawah badan jalan.

Terakhir, titik rawan jalur utara terdapat di KM 6,5 dari Simpang Bingung menuju Simpang Perawang. Pada jalan ini dalam kondisi baik, marka jalan baik, akan tetapi tikungan tertutup pepohonan dan miring, serta banyaknya kendaraan pengangkut CPO yang berhenti di tikungan.

Nahh, bagi Anda yang akan mudik melewati jalur utara, agar bisa memperhatikan titik rawan ini. Serta dapat berhati-hati dalam berkendara. (bpc9)