Travel Umrah Ilegal Masih Beroperasi, MUI Pekanbaru: Tutup Saja!

Selasa, 01 Maret 2016 15:33

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU– Kementerian Agama (Kemenag) Wilayah Provinsi Riau merilis hanya ada 30 travel agen haji khusus dan umrah yang resmi terdaftar. Sedangkan diperkirakan masih banyak biro perjalanan religi ke tanah suci yang beroperasi di Riau.

Menyikapi hal ini Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Pekanbaru, Prof Dr Ilyas Husti meminta pihak terkait melakukan tindakan tegas. Sebab jika dibiarkan khawatir menelan korban penipuan. “Kita minta ditutup saja, travel haji khusus atau umrah ilegal itu,” tegasnya, Selasa (01/03/2016).

Direktur Pasca Sarjana UIN Suska Riau ini menyebut tindakan tegas tersebut mesti diambil, agar memberikan efek jera. “Karena juga banyak yang mengadu ke kita (MUI), ada travel-travel yang ilegal begitu,” sebutnya.

Prof Ilyas menyampai kepada para travel agen yang berbisnis pada perjalanan umroh atau haji khusus agar menaati aturan yang berlaku. “Sama seperti rukun shalat. Ada yang mesti diikuti syarat-syaratnya, kalau kurang berarti shalatnya tidak sah. Sama dengan usaha travel ini kalau tidak lengkap berarti ada yang kurang, apalagi ini perjalanan ibadah,” kata Ilyas.

Baca: Terbaru Gerai Melayu Food Ala Hotel Furaya

Makanya bagi Ilyas jika memang pihak travel agen tidak patuh, lebih baik ditutup saja. “Dari pada menyusahkan orang lain. Jamaah yang seharusnya umrah atau haji dengan tenang, jadi tidak khusyuk. Padahal yang namanya ibadah harus khusyuk,” sebutnya.

Seperti yang diberitakan sebelumnya hingga awal 2016 ini hanya ada 30 biro perjalanan haji khusus dan umrah. Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Pembinaan Haji dan Umrah Kemenag Riau, Asril, kepada kru bertuahpos.com. “Tiga travel penyelenggara ibadah haji khusus dan umrah, 10 lagi travel umrah yang baru,” kata Asril di ruang kerjanya. Asril mengingatkan masyarakat melakukan kroscek terhadap travel agen yang menawarkan perjalanan murah. “Jangan gampang percaya, teliti terlebih dahulu. Kalau ragu silahkan ke Kemenag Riau agar kita sampaikan biro perjalanan mana yang resmi,” katanya.

Enam travel penyenggara haji khusus dan umrah, yakni PT Muhibah Mulia Wisata, PT Sela Express Tour dan PT Pandi Kencana Murni, PT Masindo Buana Wisata, PT Silver Silk Tour, dan PT Konomas Arci Wisata.

Sedangkan 24 travel penyelenggara umrah yang memiliki ijin resmi di Riau ada PT Labaika Tour, PT Musafir Tour, PDA Tiga Maaya, Nurramadhan Wisata dan PT Intan Salsabila.

PT Afi Tour, PT Citra Alhusnah, PT Gaido Travel & Tours, Nettour Group, Siot Tour, PT KIF Tour dan Travel (Kalam Imran Farok), PT Megabuana Laena Persada, PT Marco Tour & Travel.

PT Talbiah Bina Seksama, PT As Salam, PT Safa Insan Armani, PT Krakatau Citra Indonesia, PT Arisalah Bina Insani Tour, PT Sirotol Jannah, PT Riau Wisata Hati, PT Patuna Mekar Jaya dan JP Madania.
Lalu PT Darul Umroh Alharamain, dan PT Arminareka Perdana.

Penulis: Riki