Tahukah Anda? Pancasila Dibuat di Ende NTT

Kamis, 01 Juni 2017 11:51

BERTUAHPOS.COM (BPC), ENDE – Tepat 1 Juni masyarakat Indonesia merayakan Hari Lahir Pancasila. Namun tahukah Anda? Pancasila dibuat di sebuah taman di Ende, Nusa Tenggara Timur.

Selama ini banyak yang beranggapan Pancasila dibuat Soekarno di Jakarta dalam sidang BPUPKI. Namun, jauh sebelum itu, Pancasila sudah dirancang Soekarno pada sebuah taman di Ende, NTT. Saat itu, sekitar tahun 1934-1938Soekarno diasingkan di Ende, NTT. Dalam pengasingannya tersebut, Soekarno sering mendatangi sebuah taman yang berada di Ende. Di taman tersebut, Soekarno sering merenung. Dalam renungannya, Soekarno merancang lima bulir yang menjadi dasar Pancasila. Melalui perenungan yang mendalam di taman ini, Soekarno mendapat ilham bahwa negara ini harus memiliki ideologi yang merangkum berbagai aspek kebangsaan.

Publik Indonesia baru tahu ketika Soekarno bercerita sendiri saat kunjungan kerja tahun 1955 ke Ende dan napak tilas ke taman itu. Soekarno menceritakan, saat itu dirinya sering berteduh di bawah pohon sukun sambil melihat laut. Keseharian masyarakat Ende yang sangat harmonis dalam berketuhanan dan bermasyarakat, menjadi inspirasi bagi Soekarno untuk membuat ideologi Pancasila yang menaungi semua anak bangsa tanpa terkecuali.

Saat ini, kondisi Taman Ende sudah dipercantik dengan patung Soekarno yang tengah duduk sambil menghadap laut karya. Lokasi yang sama ketika Soekarno merenungkan Pancasila dulu. Patung ini merupakan karya pematung Hanafi dan diresmikan Wapres Boediono tahun 2013 lalu. Namun sayang, pohon sukun yang asli telah lama tumbang. Sebagai gantinya, ditanam pohon sukun baru pada masa Presiden Megawati. (bpc9)

Baca: Makan Siang Enak dan Murah di Pesonna Hotel Pekanbaru, Hanya Rp45 Ribu per Orang