Tahukah Anda Isi Tas Seorang Pendaki?

Senin, 05 Juni 2017 15:43

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Mendaki gunung menjadi salah satu hobi bagi para traveller di seluruh dunia, terutama di Indonesia. Keindahan gunung serta tantangan untuk mendakinya menjadi kelebihan tersendiri untuk para traveller di Indonesia.

Saat mendaki, kita pasti melihat seorang pendaki dengan menyandang sebuah tas yang besar. Tas ini disebut tas DayPack atau Carrier. Namun tahukah Anda apa saja isi dari tas tersebut?

Bagi Anda seorang pemula, atau bahkan yang tidak pernah mendaki, pasti menerka-nerka isi tas seorang pendaki. Untuk itu kru bertuahpos.com, telah berbincang dengan Sigit, salah seorang pendaki yang juga salah seorang mahasiswa yang ada di Pekanbaru, Senin (5/6/2017).

Menurut Sigit, ada beberapa barang yang ada di dalam tas seorang pendaki. Pertama, jaket tebal atau jaket gunung. Menurut Sigit, hal ini sangat penting dan wajib ada, mengingat dinginnya suhu di gunung.

Baca: Resmi Beroperasi, Whiz Hotel Sudirman Pekanbaru Tawarkan Kamar Rp 268 Ribu

Kedua, ada jas hujan. “Sangat penting untuk dibawa!” tegas Sigit. Menurutnya, hal ini untuk antisipasi jika terjadi hujan saat mendaki.

Ketiga, isi dari DayPack ialah pakaian ganti. Hal ini untuk mengganti pakaian Anda yang basah. Baik karena keringat maupun karena hujan.

Baca: Erupsi Marapi, Mapala UIN Suska Turunkan Dua Relawan

Keempat, matras dan sleeping bag. Peralatan ini penting untuk Anda saat tidur di tenda. Sleeping bag diperlukan agar badan anda tetap hangat dan tidak kedinginan saat tidur.

Kelima, mengingat di gunung tidak ada listrik, peralatan yang ada di dalam DayPack ialah, lampu senter atau head lamp. Lampu ini sangat penting, terkhusus untuk Anda saat mendaki di malam hari.

Keenam, ada obat-obatan pribadi. Ini khusus Anda yang mempunyai penyakit khusus yang sekiranya tim anda tidak menyiapkan obat tersebut, seperti alergi.

Terakhir, menurut Sigit, di dalam tas seorang pendaki, wajib ada air dan makanan. “Sekalipun sudah dipersiapkan oleh tim, kita juga wajib membawa makanan dan minuman seperlunya untuk diri sendiri, terutama saat melakukan pendakian. (bpc9)