SSK II Targetkan Jadi Embarkasi Haji

Rabu, 16 April 2014 14:35

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Jumlah jamaah haji dari Riau terus meningkat dari tahun ke tahun. Namun selama ini, jamaah harus melalui Batam untuk menuju ke tanah suci. Kondisi ini menjadi pertimbangan PT Angkasa Pura II untuk meningkatkan Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II menjadi bandara embarkasi haji.


Dari data yang dipaparkan pihak Angkasa Pura II sebagai pengelola Bandara SSK II, pada tahun 2010 tercatat ada 5.138 jamaah haji. Kemudian meningkat pada tahun 2013 menjadi 7.365 calon jamaah haji.


Hazturman, selaku perwakilan GM bandara SSK II, menyebutkan pihaknya berupaya agar SSK II sebagai emberkasi haji bisa terwujud. “Kita sudah upayakan untuk ke tahap itu. Tahun ini kita sedang menggesa perluasan Runway menjadi 2600 meter, karena saat ini Runway masih 2240 meter.


Selain itu, persyaratan menjadi emberkasi haji harus melayani pesawat udara dengan kapasitas tempat duduk minimal 325 orang. “Selain itu kita juga harus memiliki asrama haji dengan daya tampung sekurang-kurangnya 1.200 orang,” tutupnya.

Baca: Silaturahmi, Pesonna Hotel Pekanbaru Sambangi Kantor Bertuahpos


Sementara itu, Wakil Walikota Pekanbaru, Ayat Cahyadi mendukung rencana Bandara SSK II untuk menjadi Embarkasi Haji. Karena jumlah jamaah haji dari Riau juga terus meningkat dari tahun ke tahun.


“Kita mendukung rencana menjadikan SSK II sebagai embarkasi haji. Karena jamaah yang transit ke Batam kebanyakan dari Provinsi Riau. Jadi dari segi waktu dan tenaga lebih efisien,” ujarnya usai acara sosialisasi review rencana Induk bandara SSK II Pekanbaru di Hotel Grand Zuri.


Secara lisan wawako berharap pihak Angkasa Pura II sebagai pengelola bisa menggesa pengembangan Bandara kebanggaan Provinsi Riau sesuai untuk emberkasi haji.


“Kita berharap bisa dipercepat, kalau bisa 2015 sudah siap. Karena kasihan melihat banyak jamaah yang harus transit ke Batam dulu, kan lelah juga. Jadi kalau langsung bisa terbang ke Jeddah akan lebih efien,” harapnya. (riki)

Ă‚