SSK II Bersiap Layani 3 Rute Internasional

Jumat, 18 April 2014 11:20

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU- Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II kembali akan berbenah untuk melayani rute baru. Setidaknya dalam masterplan, ada tiga rute internasional dan domestik yang baru.


Hal ini disampaikan Kadiv Pelayanan Operasi Bandara SSK II Pekanbaru, Hazturman. “Bandara Sultan Syarif Kasim memang akan berbenah. Diantaranya memperpanjang runway dan juga apron, supaya tidak terjadi kepadatan lalu lintas saat kita membuka rute baru,” ujarnya. Dalam masterplan yang telah disosialisasikan bersama Pemerintah Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau, Rabu (16/04/2014), disebutkan ada tiga rute baru yang direncanakan dilayani Bandara SSK II.


Yakni rute internasional Pekanbaru-Hongkong, Pekanbaru-Bangkok, Pekanbaru-Jeddah. Serta Penerbangan domestik Pekanbaru-Surabaya, Pekanbaru-Bali, dan Pekanbaru-Makassar.


Rencana itu melihat tren positif masyarakat yang menggunakan transportasi udara. Berdasarkan data Angkasa Pura II, pada tahun 2013 tercatat 2,965,067 pergerakan penumpang domestik meningkat dari tahun sebelumnya yang cuma 2,597,158. Dan pada tahun 2014 diperkirakan akan mencapai 3,245,276 penumpang.

Baca: Ayo Ikut Mendaki Gunung Talang Bersama Samudranesia


Sedangkan untuk yang internasional dari 194,332 penumpang pada tahun ini diprekirakan akan terus meningkat mencapai 214,885.


Beberapa waktu lalu Duty Airport Manager Bandara SSK II, Hasnan menyebutkan memang SSK II akan membuka rute baru yang dinilai merupakan segmentasi bisnis yang menjanjikan.


“Seperti rute Pekanbaru ke Surabaya, sebenarnya sudah ada beberapa maskapai yang mengajukan untuk membuka rute tersebut, salah satunya Lion Air. Tapi belum bisa dipastikan kapan rutenya akan segera dibuka,”  sebutnya. (riki)