SR-72, Pesawat Mata-mata `Siluman` Tercepat di Dunia

Jumat, 08 November 2013 15:20

BERTUAHPOS.COM, California : Angkatan Udara Amerika Serikat (AS) tengah merancang pesawat mata-mata paling mutakhir. Kecepatannya jauh lebih cepat dari pesawat tercepat yang pernah ada. Sekitar 5.800 km/jam. Bahkan, orang-orang tak akan pernah bisa melihat kedatangan pesawat tersebut. Pesawat ini dinamakan SR-72.

Produsen pesawat militer Lockheed Martin dipercaya untuk membuat SR-72 demi menggantikan pendahulunya, SR-71 Blackbird. Pembuatan pesawat supercanggih ini dilakukan di California.

“SR-72 bergerak sangat cepat. Sampai-sampai, musuh pun tidak punya waktu untuk bereaksi atas kehadirannya,” demikian pernyataan Lockheed, seperti dimuat News.com.au, Jumat (8/11/2013).

Nantinya SR-72 bakal menjadi pesawat pertama dengan kecepatan 5.800 km/jam. Saking cepatnya, SR-72 bisa melaju dari New York, AS ke London, Inggris hanya dalam waktu, kurang dari 1 jam. Pesawat ini disebut “The next Blackbird’s a hawk” yang dilengkapi persenjataan canggih.

Baca: Hari Libur, Pelabuhan Sungai Duku Padat Penumpang

SR-72 akan dioperasikan tanpa awak atau dikendalikan dari jarak jauh. Pesawat ini dilengkapi dengan radar, persenjataan api nan canggih, dan tentu kamera pengintai paling mutakhir.

Namun beberapa pengamat menilai, masih lebih canggih drone atau pesawat tak berawak yang saat ini sudah beroperasi, dibanding SR-72. Tapi SR-72 punya kelebihan yang dapat membantah anggapan tersebut.

Keunggulan SR-72 yakni adalah kecepatan dan daya jangkaunya yang lebih jauh daripada drone yang lambat dan hanya bisa terbang terbatas pada wilayah tertentu dari tempat pengoperasiannya. SR-72 dilengkapi satelit yang memungkinkan pesawat bisa terbang lebih jauh.
Mirip Siluman

Manajer Program Hypersonic Lockheed Martin, Brad Leland menyatakan, kecepatan adalah hal yang paling diunggulkan pada pesawat terbaru ini. Menurut dia, karena cepat menghilang, pesawat ini mirip siluman.

“Teknologi ini akan menjadi pembaharu dalam sebuah pertarungan. Kecepatan mirip siluman yang berlaga di peperangan,” ujar Brad.

Menurut dia, selain kecepatan, hal yang membedakan SR-72 dengan pendahulu adalah persenjataannya. Kemungkinan rudal akan menjadi senjata canggih yang disematkan pada pesawat tersebut.

SR-72 direncanakan akan mengudara mulai 2018. Pihak Lockheen Martin masih dalam proses untuk mewujudkan eksistensi pesawat mata-mata tercepat di dunia ini. (Riz/Yus/liputan6.com)