Rombongan Sekolah Sulit Dapatkan Surat Keterangan Telah Berkunjung ke Istana Siak

Kamis, 11 Februari 2016 16:46

BERTUAHPOS.COM(BPC), SIAK – Beberapa  dari rombongan yang mengunjungi objek wisata Istana Asserayah al hasimiyah Siak kerap mengeluhkan dengan ketidak tersediaan surat keterangan laporan telah mengunjungi Istana untuk para pengunjung, hal ini membuat rombongan sekolah yang datang ke Istana Siak tidak memiliki laporan kunjungan dari pihak pariwisata untuk dilaporkan kepihak sekolah.

Pasalnya untuk mendapatkan surat keterangan ini pihak rombongan harus mendatangi kantor dinas pariwisata,
Hal ini dibenarkan oleh staf tiketing yang bertugas memberikan pelayanan tiket masuk Istana Siak,”surat keterangan  telah berkunjung tidak tersedia  disini, jadi bagi pengunjung kalo mau minta keterangannya kedinas pariwisata langsung,”ujarnya.

Dengan demikian, melihat banyaknya beberapa pengunjung rombongan dari sekolah yang datang pada akhir pekan membuat rombongan dari pihak sekolah sering tidak mendapat surat keterangan tanda telah berkunjung ke Istana Siak.

Dimana  Istana Asserayah Al Hasyimiyah menjadi sebuah  tujuan utama bagi para wisatawan di Riau. Dengan memiliki destinasi wisata andalan di Kabupaten Siak Sri Indrapura, bangunan yang berdiri megah di pusat kota ini  menjadi incaran para wisatawan baik domestik dan mancanegara, begitu juga dari pihak sekolah, dengan mengunjungi Istana ini akan secara langsung dapat mengetahui benda peninggalan kerajaan pada jaman dahulu yang masih terjaga.

Baca: XBank, Wadahnya Mantan Pegawai Bank Hijrah dari Riba

Untuk itu tidak heran jika rombongan kerap saja berkunjung ke Istana ini, selain melihat peninggalan sejarah, rombongan dari sekolah dapat bermain dan belajar sembari mengetahui secara langsung sejarah yang masih ada hingga saat ini.

Namun disayangkan untuk mendapatkan surat laporan atau keterangan telah mengunjungi masih belum diberi kemudahan, sebab mereka harus terlebih dahulu mendatangi kantor dinas pariwisata dan pemuda olah raga (disparpora) yang jaraknya terbilang jauh dari Istana.

Menanggapi hal itu pihak petugaspun mengatakan untuk keterangan surat telah mengunjungi, pihaknya telah mengusulkan untuk menyediakannya ditempat retribusi tiket dengan membuatkan surat tersebut serta memberi stempel dan menandatanganinya langsung, sehingga petugas lapangan tinggal mengisi tanggal dan jumlah rombongan sehingga pihak rombongan tidak harus menunggu lama dan mengurus kekantor dinas yang jaraknya cukup jauh untuk mendapatkannya.

“karena banyak juga yang ngeluh mengenai surat itu, sebelumnya kami pun telah mengusulkan untuk disediakannya disini, dalam rapat sering dibahas masalah ini tapi tidak dihiraukan pihak dinas, masuk telinga kanan, keluar telinga kiri aja,”sebutnya beberapa waktu lalu.

Pantauan bertuahpos juga kurangnya fasilitas dan papan petunjuk yang ada di area penjagaan tiket membuat pengunjung kerap melewatkan pembelian tiket digerbang masuk. Namun dengan demikian disaat memasuki pintu utama istana pengunjung akan dimintai tiket, sehingga bagi yang tidak memiliki tiket pengunjung mengisi buku tamu dan dikenakan pembayaran yang sama.

Selain kurangnya fasilitas papan petunjuk di gerbang masuk, pos penjagaan juga tidak di sediakannya air galon, hal ini dibenarkan seorang petugas lapangan,”disini untuk posnya tdak dikasih fasilitas, galon pun enggak ada, ini aja galon punya pribadi,katanya.

Petugas lapangan pun mengungkapkan banyak diantara mereka yang membawa rombongan, meminta agar disediakan surat keterangan disini sebab dengan demikian waktu mereka untuk mendapatkannya lebih mudah,”kalau pas hari kerja bisa kami antar kekantor dinasnya langsung untuk mengurus surat kunjungannya, itupun mereka ada yang enggak mau karena terburu-buru, tapi yang payahnya rombongan kadang hadir dihari libur kerja,  jadi gimana pula mau dapat suratnya kantor tutup,”bebernya.

Ketika dikonfirmasi kepala dinas pariwisata melaui kabag umum Solihin mengatakan surat keterangan mengunjungi bisa di urus langsung ke kantor dinas untuk mendapatkannya,”kita bisa buatkan surat keterangan itu, dengan datang langsung kekantor,”jelasnya kepada kru bertuahpos.(11/2/2016)

Saat ditanya apakah ada rencana untuk menyediakan dilokasi wisata kasubag mengatakan langsung mendatangi kantor dinasnya,”untuk surat keterangan itu bisa kita buatkan sesuai permintaan, jadi kalo mau keterangan telah mengunjungi langsung datang saja kekantor dispora,”pungkasnya.(ely)