RI Desak Arab Saudi Berikan Kepastian Pelaksanaan Haji Tahun Ini

Senin, 18 Mei 2020 20:32

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Pemerintah RI melalui Kementerian Agama (Kemenag) mendesak Arab Saudi agar segera memberikan kepastian pelaksanaan haji pada tahun ini.

Kemenag mengharapkan Arab Saudi memberikan kepastian pelaksanaan haji setidaknya pada akhir Ramadhan.

“Kami berharap pihak Arab Saudi segera mengumumkan kepastian pelaksanaan haji. Kami berharap akhir ramadhan sudah ada keputusannya,” ujar Juru Bicara Kementerian Agama, Oman Fathurahman.

Kepastian pelaksanaan haji ini, lanjut Oman, sangat penting karena jadwalnya sudah dekat. Indonesia perlu mempersiapkan semua keperluan untuk pemberangkatan haji.

Baca: Bupati Inhil Deklarasikan Gerakan Anti Narkoba

Sementara itu, Riau juga masih menunggu kepastian tersebut.

“Informasi yang kami dapat, kepastian keberangkatan jamaah haji akan disampaikan antara tanggal 20 atau 21 Mei besok,” kata Asisten I Setda Provinsi Riau, Ahmad Syah Harrofie.

Dia menambahkan, informasi mengenai kepastian soal apakah jemaah calon haji (JCH) di Riau akan berangkat tahun ini atau tidak, dari pihak Kemenag akan menyampaikannya informasi itu kepada Gubernur Riau sebagai wakil dari pemerintah daerah.

“Kalau nantinya jadi keberangkatan jamaah haji, maka persiapan akan langsung dilanjutkan. Kalau tidak tentunya akan ada opsi-opsi yang sudah disiapkan pemerintah pusat,” sebutnya.

Terkait Embarkasi, dikatakan Ahmad Syah bahwa Riau telah menerima SK EHA Riau tahun ini. Dengan demikian, Pemerintah provinsi Riau akan bertanggung jawab terhadap pelayanan pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji Provinsi Riau dari bandara embarkasi haji antara Riau ke bandara embarkasi dan debarkasi haji Batam. (bpc2)