Ramadan di Antartika, Buka Puasa Pukul 03.00 Sore, Yang Hobi Penjelajah Harus Coba

Senin, 29 Mei 2017 00:26

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Pernahkah Anda membayangkan menghabiskan waktu sebulan penuh Ramadan di Benua Antartika?. 

Sulit terbayangkan memang. Namun tahu kah Anda ternyata waktu di benua yang menutupi Kutub bagian Selatan Bumi itu jauh lebih singkat. Sehingga jika Anda berpuasa di sana, waktu berbuka puasanya juga lebih cepat. 

Banyak sumber menyebutkan bahwa, bawah Benua Antartika memili waktu puasa tercepat di dunia. Umat muslim yang berpuasa di Benua Antartika berpuasa selama kurang lebih 8 jam 18 menit. 

Waktu imsaknya pun lebih enak karena baru imsak pukul 06.30 pagi dan berbuka puasa pukul 15.48, walaupun sebentar puasa di Antartika pasti sulit karena butuh tenaga ekstra untuk melawan dingin.

Baca: Batagor Pak Uus, Dijamin Enak!

Antartika adalah benua terluas kelima setelah Eurasia, Afrika, Amerika Utara, dan Amerika Selatan. Sebagai perbandingan, Antartika hampir dua kali ukuran Australia. Sekitar 98% dari Antartika ditutupi oleh es dengan ketebalan rata-rata 19 kilometer.

Antartika memiliki kelembaban terendah, suhu rata-rata terendah di antara semua benua di bumi, benua tertandus, benua berangin terkencang, dan memiliki elevensi rata-rata tertinggi dari semua benua. 

Itulah satu dari banyak penyebab lainnya yang membuat umat muslim harus ekstra jika menjalankan ibadah puasa. Hingga kini kaum Geolog masih menggap Antartika sebagai gurun dengan curah hujan sangat minim. 

Tempat terdingin di muka bumi ini sebagian besar tertutup es sepanjang tahun mencapai -89 °C (-129 °F). Bagaimana, meski waktu berpuasanya begitu singkat, Apakah Anda masih tertarik untuk menjalankan ibadah puasa dibenua itu?. (bpc3)