Oleh-Oleh Khas Riau Hanya Diminati Para Wisatawan

Sabtu, 05 Maret 2016 12:16

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Sudah sejak lama pasar bawah terkenal dengan pasar wisata nya para pelancong dari berbagai daerah, kota, bahkan negara. Rasanya tidak lengkap jika sudah menginjakan kaki di Kota Pekanbaru ini kalau tidak sampai ke pasar bawah.

Begitu yang dijulukkan, pasar wisata. Yaitu pasar yang sebagian besar dikunjungi oleh para wisatawan dari berbagai daerah yang sedang berada di kota Bertuah, Pekanbaru. Tidak lain hanya untuk sekedar membeli buah tangan untuk dibawa kembali ke daerah asalnya.

Karena itu, pasar bawah ini menjadi pusatnya oleh-oleh khas Pekanbaru. Yang menyediakan beraneka ragam jenis oleh-oleh yang bisa dibawa para wisata kembali ke tempat asalnya. Dan oleh-oleh tersebut sebagai tanda atau bukti bahwa dirinya sudah pernah menginjakan kakinya di Pekanbaru ini.

Dan terbukti sampai saat inipun, aneka ragam khas Pekanbaru yang disediakan untuk dijual masih sangat diminati dan diincar bagi wisatawan dari luar Pekanbaru.

Baca: Misi Si Cantik Athia, Golden Tulip Hotel Harus Top Ten di Pekanbaru

Seperti pantauan Bertuahpos.com, Sabtu (5/3/2016) ke salah satu toko yang menjual dan menyediakan berbagai jenis aneka ragam oleh-oleh khas Pekanbaru. Seperti aneka baju kaos yang bertuliskan berbagai tulisan yang berhubungan dengan kota Pekanbaru. Souvenir, cendramata dan masih banyak lainnya lagi.

Dikatakan Erlaini selaku pemilik toko yang menjual oleh-oleh khas Pekanbaru tersebut, dari dulu hingga saat ini peminat untuk khas Pekanbaru ini datangnya dari para wisatawan, untuk warga atau masyarakat Pekanbaru sendiripun sangat kurang.

“Kalau untuk warga Pekanbaru sendiri kurang sekali, kalau adapun mereka juga untuk oleh-oleh yang mau dibawa nya keluar kota Pekanbaru. Selebihnya dari dulu sampai saat ini memang peminatnya dari luar daerah, para wisatawan,” ungkapnya kepada kru Bertuahpos.

Dikatakan Erlaini pula, para pendatang atau wisatawan terdiri dari banyak daerah pula. Seperti dari beberapa negara tetangga, Malaysia, Singapura, beberapa daerah atau kota, seperti Jakarta, Bandung, Jogja, bahkan dari Sabang sampai Marauke. Dan beberapa utusan dari instansi-instansi perusahaan.

“Entah dari mana saja mereka, yang jelas banyak sekali. Dari beberapa negara, kota, daerah, dan juga utusan-utusan kantor, yang berniat untuk membeli oleh-oleh khas Riau ini,” tambahnya.

Meskipun mengaku sering terjadi pasang surut untuk penjualannya, namun setiap harinya pasti ada saja penjualan. “Ya namanya pedagang, pasti akan mengalami pasang surut, tapi setiap harinya alhmdulillah pasti ada saja,” sebutnya.

Penulis: Dilla