Menakjubkan, Air Terjun ini Berada 1.120 Meter di Bawah Perut Bumi

Minggu, 17 Mei 2020 09:13

BERTUAHPOS (BPC) – Ruby Falls ini adalah bukti kekuasaan Tuhan yang mampu menciptakan apapun sesuai kehendak-Nya. Ruby Falls merupakan sebuah air terjun di Chattanooga, Tennessee, salah satu negara bagian Amerika. Yang membuat Ruby Falls unik adalah letaknya yang berada 1.120 meter di bawah perut Bumi.

Tepatnya berada di dalam sebuah gua yang bernama Ruby Falls Cave, yang terbentuk jutaan tahun lalu akibat pengikisan batuan kapur oleh air asin.

Dilansir oleh Amusingplanet, air terjun yang seakan keluar dari dalam batu ini tingginya mencapai 44 meter. Di bawah jatuhan air tersebut terdapat kolam kecil yang mengalirkan air melalui dalam gunung, dan bermuara di Sungai Tennessee. Letaknya di kaki gunung Lookout.

Usia air terjun di perut Bumi itu diperkirakan sudah hampir 30 juta tahun.

Baca: Ini Istimewanya Kamar Termahal di Furaya Suite

Adalah Leo Lambert, seorang penjelajah gua yang berinisiatif membuka akses masuk ke dalam gua Ruby melalui gua Gunung Lookout. Dirinya bersama tim melakukan pengeboran tahun 1928 dan menemukan sebuah lorong sepanjang 79 meter di bawah tanah.

Penjelajahan area gua Lookout berujung pada penemuan air terjun Ruby yang sangat indah tersebut. Leo pun lantas membawa keluarga dan beberapa orang lain pada eksplorasi selanjutnya.

Nama Ruby sendiri diambil dari nama istri Leo yang bernama Ruby.

Sayang, gua dan air terjun itu sempat ditutup pada 1935 sebab kurangnya pengunjung. Namun kini, air terjun di perut Bumi tersebut telah dipugar dan dibangun sebuah elevator untuk memudahkan pengunjung mengakses letaknya.

Ditambah dengan permainan cahaya lampu yang indah, air terjun perut Bumi itu kini telah dikunjungi ratusan ribu wisatawan. (bpc4)