Maskapai Mulai Lirik Pasar Sumatera Ketimbang Jawa

Selasa, 08 Maret 2016 18:40

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU– Kendati memasuki masa low season, beberapa operator penerbangan ramai-ramai buka rute baru dari Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Provinsi Riau. Seperti pada Kamis (03/03/2016) lalu, Citilink membuka tiga rute sekaligus. Selain itu dalam waktu dekat Xpress Air akan membuka rute internasional menuju Malaka.

Menurut Komite perator Maskapai Penerbangan atau Airlines Operator Comitte (AOC), Wahyu Wijanarko, dibukanya rute baru di Riau menunjukkan market bagi pengguna jasa penerbangan masih tinggi.
“Dibuktikan dengan rute-rute yang dibuka rekan operator penerbangan di SSK II,” katanya, Selasa (08/03/2016).

Selain itu Wahyu menilai ada pergeseran mengenai penumpang dari jasa penerbangan. Selain para pebisnis atau mahasiswa, penumpang yang memanfaatkan operator penerbangan di SSK II lebih karena travelling. “Selama low season ini para traveller juga banyak selain para pebisnis,” sebutnya.

Selain itu, saat ini para operator penerbangan tidak lagi melulu mengincar market di Pulau Jawa. Melainkan juga sudah meluas ke Sumatera. “Seperti medan, Jambi, Palembang, dan Kepulauan Riau. Ini menunjukkan pangsa pasar sudah terbagi tidak lagi hanya di Jawa saja. Dan peluang bisnis terutama untuk wisata masih ada,” tambahnya.

Baca: Akhir Bulan, Zoya Berikan Diskon 30 Persen All Item Kerudung Segi Empat

Ramainya maskapai membuka rute terbangnya, disebut Wahyu akan memudahkan masyarakat dalam menjangkau daerah dengan waktu yang lebih efisien. Dan juga membantu para investor melihat potensi-potensi bisnis yang ada di daerah dengan cepat. Sebab kalau dengan jalur daerah maka dibutuhkan waktu berjam-jam hingga berhari-hari. Seperti yang diberitakan sebelumnya Citilink sudah membuka tiga rute yakni Pekanbaru-Medan dan Pekanbaru-Bandung penerbangan langsung pulang pergi.

Sedangkan satu lagi Pekanbaru-Aceh via Medan pada Kamis (03/03/2016). Rute Pekanbaru-Medan sudah dilayani dua operator penerbangan. Yakni maskapai Lion Air dan Sriwijaya Air melalui anak perusahaan Nam Air. Sedangkan Rute Pekanbaru-Bandung juga terlebih dahulu dilayani maskapai Air Asia.

Selain itu operator penerbangan lain  yakni Xpress Air berencana membuka rute baru dari Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, Provinsi Riau. Kalau tidak ada aral melintang maskapai Xpress Air secara resmi bakal layani rute internasional yakni Pekanbaru ke Melaka pulang pergi dalam waktu dekat.

Seperti yang dituturkan, Station Manager Xpress Air Pekanbaru, Rizon Jayadi kepada kru bertuahpos.com. Rizon menjelaskan pihak Xpress Air tertarik membuka rute Pekanbaru-Melaka sebab maraknya masyarakat Riau yang pergi berobat ke Malaysia. Sehingga pihaknya juga ikut membuka rute tersebut untuk memberikan pelayanan terbaik dan menjadi alternatif. “Selain segmen mereka yang berobat atau medical, kita juga lihat ada market yang pleasure atau berwisata,” kata Rizon.

Rencananya rute Pekanbaru-Melaka ini akan dilakukan sebanyak empat kali dalam seminggu, sementara itu harganya berkisar mulai dari Rp 600.000. Ada pun penerbangan ini akan menggunakan pesawat jenis Dornier 328 – 100, dengan kapasitas penumpang sebanyak 32 orang. “Pesawat ini cocok bagi pasien yang akan berobat ke luar negeri,” katanya.

Sebelumnya Xpress Air telah sukses membuka jalur penerbangan dari Pekanbaru menuju Tanjung Pinang pulang pergi dan rute Pekanbaru – Palembang pulang pergi pada Desember 2015 yang lalu. Dengan dibukanya penerbangan menuju Melaka ini oleh XpressAir, maka akan menambah pilihan bagi masyarakat yang ingin menggunakan jasa transportasi udara.

Penulis: Riki