Korban Bencana Bisa Jadi Pemandu Wisata

Jumat, 21 Februari 2014 14:11
BERTUAHPOS.COM -  Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Marie Elka Pangestu berencana menjadikan para korban bencana sebagai pemandu wisata dan pengrajin. Hal tersebut khusus ditujukan usai bencana erupsi Gunung Sinabung dan Kelud.

“Kita berusaha untuk merangkul mereka, bisa juga untuk pemandu wisata, bisa juga untuk kerajinan. Dan itu ada kaitannya,” ujar Marie di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, yang dilansir dari Merdeka.com, Jumat (21/02/2014).

Menurut Marie, masyarakat biasanya banyak datang ke sekitar daerah bencana, untuk melihat-lihat. Hal itu dapat dimanfaatkan untuk menjajakan produk kerajinan maupun kuliner. Sehingga, potensi tersebut dapat memberdayakan warga setempat untuk menjual kerajinan dan kuliner khas daerah tersebut.

“Dan pengunjung itu akan mencari oleh-oleh itu kita melatih untuk membuat oleh-oleh bisa kuliner, bisa kerajinan, bisa juga kita akan pelajari produksi kain ulosnya terganggu itu pun juga kita akan latih dan membantu mencari pasarnya,” jelasnya.

Marie mengakui memang, tahap pertama dalam menangani bencana, adalah dari segi keamanan dan bagaimana mengamankan pengungsi. Namun tahap selanjutnya, jika melihat kejadian usai bencana, ialah membuat semacam program untuk membantu kehidupan masyarakat terkena bencana ke depan. (merdeka)