Kapolda Riau Saksikan Langsung Tiang Tongkang Jatuh ke Laut

Senin, 12 Juni 2017 14:30

BERTUAHPOS.COM (BPC), BAGANSIAPIAPI – Puncak Ritual Bakar Tongkang yang terjadi pada Minggu (11/6), yang ditandai dengan pembakaran Replika Kapal Tongkang berhasil mendatangkan wisatawan dari luar daerah Rohil dengan jumlah yang cukup luar biasa.

Salah satunya turut hadir Ketua DPR RI Setya Novanto, Deputi Kemenpar Esthy Reko Astuty dan rombongan serta beberapa tamu penting lainnya. Sementara itu dari Provinsi Riau dihadiri oleh Gubri, Wagubri, Kapolda dan beberapa tamu lainnya. Namun kehadiran mereka hanya berlangsung pada saat pelepasan arak – arakan Replika Kapal Tongkang menuju tempat ritual pembakaran tongkang, sehingga pada saat pembakaran Replika Kapal Tongkang hanya dihadiri secara langsung oleh Kapolda Brigjen Pol Zulkarnaimn Adinegara dan keluarga.

Pada beberapa saat sebelum pembakaran Replika Kapal Tongkang para tamu yang hadir Bupati, Kapolda dan tamu-tamu penting lainnya diberi kesempatan untuk menaiki Replika Kapal Tongkang. 

Tepat sekitar pukul 16.05 WIB tiang tongkang pertama jatuh yang disusul beberapa menit setelahnya diikuti oleh tiang tongkang ke kedua. Adapun kedua tiang tongkang tersebut jatuh mengarah ke arah laut yang berarti menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa peruntungan rezeki tahun ini banyak bersumber dari laut. 

Baca: Ke Pekanbaru, Jangan Lupa Icip-icip Kuliner Berikut ini…

Baca: Bakar Tongkang, Bagansiapiapi Diserbu 47 Ribu Wisatawan

“Berdasarkan kepercayaan masyarakat Tionghoa, maka kemungkinan rezeki akan banyak bersumber dari daerah laut, semoga saja,” ujar Bupati Suyatno, Senin (12/6/17).

Acara Ritual Bakar Tongkang ini sendiri berakhir sekitar pukul 16.20 WIB dan berjalan dengan lancar, dimana setelah selesainya Ritual Bakar Tongkang tersebut masyarakat kembali pulang ke rumah masing – masing. (bpc12)