Jalur Utara Dominasi Arus Mudik di BRPS

Selasa, 05 Agustus 2014 07:56

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Puncak arus balik lebaran telah terjadi diprediksi pada hari Jum’at dan Sabtu lalu di Terminal Bandar Raya Payung Sekaki (BPRS).

“Puncaknya pada jumat dan sabtu, kalau hari minggu sudah turun jumlah penumpangnya, sebesar 25-30 persen,” ujar Kepala Sub Bagian Terminal BRPS, Bambang Armanto kepada bertuahpos.com, Selasa (5/8/2014).

Pada haru sabtu lalu, jumlah penumpang pada puncak arus mudik mencapai 1750 penumpang dan hari minggu hanya sebagian kecil dari puncak arus mudik jum’at dan sabtu lalu.

“Pegawai swasta maupun PNS kan masuknya senin, biasanya pasti satu hari digunakan untuk istirahat,” ujarnya saat diwawancarai bertuahpos.com.

Baca: Sekdaprov Ahmad Hijazi: Dispar Riau Harus Punya Konsep Jelas Ihwal Wisata Halal

Ia menambahkan, pemudik di BRPS tahun ini didominasi dari lintas utara seperti Aceh dan Sumatera Utara. Sedangkan untuk tahun 2013, arus mudik yang datang hampir merata yang datang ke Kota Pekanbaru.

“Yang datang didominasi lintas utara untuk tahin ini, kalau tahun lalu hampir merata. Dari laporan yang saya terima, jumlah penumpang 1498 orang, untuk reguler 28 unit 760, mobil lintas 26 unit 730, total armada 55 unit. Sedangkan untuk daerah luar Sumatera ada 2-3 unit yang berangkat dan datang,” jelasnya. (iqbal)