Ini Satu lagi Destinasi Wisata Religi di Pekanbaru

Sabtu, 07 Juni 2014 17:15

BERTUAHPOS.COM,PEKANBARU – Satu lagi destinasi wisata religi yang harus Anda kunjungi jika bertandang ke Kota Bertuah Pekanbaru yakni Makam Marhum Pekan yang berlokasi di Jalan Masjid di Kelurahan Kampung Bandar Kecamatan Senapelan.

Kenapa Anda harus berwisata religi disini? Karena komplek makam ini merupakan pemakaman kerajaan Siak yang pernah memerintah di Pekanbaru. Sebelumnya kompleks pemakamantersebut lebih dikenal dengan nama Perkuburan Masjid Raya atau kuburan Raja. Namun pada tahun 2004 dirubah menjadi Komplek Makam Marhum Pekan Alasannya karena adanya Makam Marhum Pekan pendiri kota Pekanbaru.

Dadang Irham, pejaga makam Situs Benda Cagar Budaya komlek Makam Marhum Pekan mengatakan kepada bertuahpos.com, bangunan ini sudah 4 kali renovasi dimana di dalam ini ada enam makam –  makam Sultan Muahammad Ali Abdul Jalil Mu’ Azamsyah sultan ke V dari kerajaan Siak Sri Indra Pura tahun 1780 – 1782, kemudian Syaid Syarif Usman Shabuddin.

Makan selanjutnya, Tengku Embong Badaria’ah binti Sultan Alamuddinsyah (istri Syaid Usman), Sultanna Khodijah (istri marhum bukit), Sultan Abdul Jalil Alamuddinsyah(marhum bukit) Sultan ke IV dari kerajaan Siak Sri Indra Pura, yang ke enam tengku pangeran Kesuma Dilaga. Sedangkan disekeliling gedung merupakan maka keluarga raja yang jumlahnya lebih kurang ada 70 makam.

Baca: Jelang Tahun Baru, Batam, Kuala Lumpur, Medan masih mendominasi

Terkait turis atau wisatawan yang berkunjung atau datang ke Makam ini, Dadang menyebutkan rata-rata satu bulan berkisar 500 orang. “Pengunjung yang datang tidak hanya dari Riau saja tetapi ada juga dari luar negeri seperti Malaysia,” tukasnya.

Nah, bagi Anda yang datang kesini dapat datang setiap hari. Pasalnya, komplek ini buka setiap hari dan selain Anda dapat melihat makam, Anda dapat mengenal keunikan sejarah makam kepada penjaga maka. Dijamin pengetahuan Anda akan bertambah tentang kota Pekanbaru. Bagaimana Anda tertarik dengan wisata religi yang ada Pekanbaru?(Yogi)