Ini Masjid Tertua di Madinah, Didirikan Pertama Kali oleh Rasulullah SAW

Minggu, 10 Mei 2020 12:42
Ini Masjid Tertua di Madinah, Didirikan Pertama Kali oleh Rasulullah SAW

BERTUAHPOS.COM – Bulan Ramadhan adalah bulan yang spesial bagi umat Islam di seluruh penjuru dunia. Mereka akan menghidupkan bulan yang suci dan mulia itu dengan berbagai aktivitas keislaman. Salah satunya mereka akan banyak menghabiskan waktunya di masjid, terutama di malam hari.

Di antara masjid-masjid yang ada di dunia, ada tiga masjid besar yang itu menjadi impian sebagian besar umat Islam yakni Masjidil Haram di Mekah, Masjid Nabawi di Madinah, dan Masjidil Aqsa di Jerusalem. Namun ternyata selain ketiga masjid tersebut yang memang masjid yang direkomendasikan sebagai masjid yang utama untuk dikunjungi berdasarkan sejarah perjalanan Nabi Muhammad SAW, ternyata ada masjid lain yang menyimpan kenangan sejarah bagi umat Islam.

Advertisement

Masjid yang bersejarah itu terletak di pinggiran kota Madinah sebagai masjid tertua yang didirikan pertama kali oleh Nabi Muhammad SAW pada abad ke-6. Itulah masjid yang didirikan sebelum Masjid Nabawi. Masjid Quba kini berdiri sangat megah dengan hiasan yang indah setelah mengalami masa renovasi dari pemerintah Kerajaan Saudi Arabia. Masjid tua itu terletak 5 km sebelah barat dari gerbang masjid Nabawi.

Dalam situs resmi Quba Mosque, masjid Quba adalah masjid yang dibangun pada tahun 622 masehi. Masjid ini merupakan tempat transit Nabi Muhammad SAW saat melakukan perjalanan hijrah dari Mekah ke Madinah. Diperkirakan beliau singgah di masjid ini sekitar 20 hari sebelum melanjutkan perjalanan ke jantung kota Madinah.

Baca: Mengintip Pusat Jajanan Kuliner di Bundaran Tugu Keris

Masjid ini mengalami beberapa kali renovasi. Catatan terakhir renovasi dilakukan pada tahun 1982. Kemudian dipugar dan diperluas lagi pada tahun 2012 kemarin dengan besaran dana 100 juta riyal atau senilai dengan 2,6 miliar rupiah. Masjid ini terlihat sangat indah di malam hari dengan hiasan lampu dan kemegahan bangunannya. Jika wisatawan berkunjung ke sana tentu akan merasakan kenikmatan mengenang sejarah. Terlebih pada bulan suci Ramadhan ini. Apakah Anda tertarik?

(bpc4)

Berita Terkini

Senin, 19 April 2021 15:14

Resep Es Krim Rujak, Hidangan Segar Saat Berbuka Puasa

resep hidangan buka puasa

Senin, 19 April 2021 14:20

Gempa Berkekuatan 5,7 Magnitudo Guncang Maluku Siang Ini

Gempa Maluku

Senin, 19 April 2021 13:51

Ambruk Saat Ceramah, Ini Kondisi Ustadz Zacky Mirza

Ustadz Zacky Mirza

Senin, 19 April 2021 13:31

Imigrasi Ungkap Negara Tujuan Jozeph Paul Zhang Sejak 2018

Jozeph Paul Zhang sudah berada di Hong Kong sejak 2018 silam

Senin, 19 April 2021 11:46

Ini Spesifikasi Realme 8 Harga Rp3 Jutaan

Smartphone, Spesifikasi