‘Gagahnya’ Singgalang dari Puncak Gunung Merapi

Minggu, 15 November 2020 08:35
‘Gagahnya’ Singgalang dari Puncak Gunung Merapi
Keindangan Gunung Singgalang dari Puncak Gungung Marapi, Sumbar. (Net)

BERTUAHPOS.COM, SUMBAR — Menikmati gagahnya Gunung Singgalang tidak hanya bisa dinikmati dari kaki gunung itu. Gunung Singgalang akan terlihat jauh lebih gagah jika dinikmati dari puncak Gunung Marapi.

Gunung Sianggalang dan Marapi sama-sama terletak di Kota Baru, Bunkit Tinggi, Sumatera Barat (Sumbar). Lebih tepatnya, gunung ini berdiri kokoh bersebelahan, dengan ketinggian tidak jauh berbeda. 

Perbedaannya, Gunung Singgalah adalah gunung yang tidak aktif, sedangkan Merapi masih tercatat sebagai salah satu gunung aktif di Sumbar.

Kedua gunung ini, memang menjadi objek favorit bagi pendaki terutama di wilayah Riau dan Sumbar sendiri. Para penggiat gunung biasa akan merekomendasikan Gunung Merapi untuk pendaki pemula. 

Baca: Citilink, Terbangkan 8 Juta Penumpang Selama 2014

Selain medan yang tidak tergolong berat, saat menuju puncak Gunung Marapi, para pendaki akan disuguhkan beberapa track bonus jalan landai, meskipun lebih banyak medan menanjak.

Untuk menikmati kegagahan Gunung Singgalang dari puncak Gunung Marapi, terlebih dahulu para pendaki wajib melapor ke Pos Pasanggrahan di kaki gunung itu. Biaya masuk dijamin ramah kantong, karena memang tidak terlalu mahal.

Setelah mengisi data diri dengan menyantumkan nomor telpon di basecamp ini, barulah para pendaki diizinkan untuk melakukan pendakian di Gunung Marapi. Dari basecamp ke Pos Perhutani, jaraknya tidak terlalu jauh. Pos ini adalah pos awal sebelum masuk ke pintu rimba.

Di pintu rimba, para pendaki akan disuguhkan panorama sejuk yang dikurung oleh hutan pinus. Lalu, sepanjang perjalanan, para pendaki akan melintasi hutan belantara dengan kayu-kayu yang besar. 

Medannya tanah dan akar pohon, dan bebatuan. Untuk pemula, idealnya waktu tempuh mendaki merapi hingga batas vegetasi, sekitar 7-8 jam.

Di batas vegetasi atau biasa disebut cadas, saat keluar dari hutan, pemandangan yang disuguhkan adalah batu-batu keras. dari sini juga dapat dilihat dengan jelas gemerlap lampu kota Bukit Tinggi. Lokasi ini, menjadi tempat favorit bagi pendaki untuk mendirikan tenda, dan bermalam, sebelum summit attack. 

Biasanya, summit attack ke puncak Gunung Marapi akan dilakukan keesokan harinya untuk mengejar panorama lautan awal dan pancaran keindahan matahari terbit.

Sedangkan di puncak, lokasi tempat berkumpul para mendaki untuk menikmati sunrise yakni di Tugu Abel. Dari sini, selain suguhan lautan awal dan indahnya cahaya pertama matahari terbit, Gunung Singgalang akan terlihat berdiri gagah menantang langit.

Gunung Marapi atau juga dikenal sebagai Merapi atau Berapi, adalah gunung berapi yang terletak di Sumatra Barat. Gunung ini tergolong gunung yang paling aktif di Sumatra. 

Terletak dalam kawasan administrasi Kabupaten Agam gunung ini dapat juga dilihat dari kota Bukittinggi, kota Padangpanjang dan kabupaten Tanah Datar, dengan ketinggian 2.891 mdpl. Gunung ini sudah meletus lebih dari 50 kali sejak akhir abad 18 lalu. (bpc2)

Berita Terkini

Minggu, 01 Agustus 2021 20:08

10 Ciri – Ciri Pinjol Ilegal Versi OJK

Ciri – ciri Pinjol Ilegal

Minggu, 01 Agustus 2021 19:32

BMKG: Potensi Hujan Merata di Riau Malam Ini

Cuaca Riau

Minggu, 01 Agustus 2021 16:30

Varian Delta Sebabkan Kasus Corona Dunia Naik Hingga 80%

Covid-19 Dunia

Minggu, 01 Agustus 2021 15:05

Karhutla di Dumai dan Kuala Cenaku Masih Belum Padam

Karhutla Riau

Minggu, 01 Agustus 2021 14:39

Ginting: Saya Tak Punya Waktu Memikirkan Kekalahan Ini

Olimpiade 2020

Minggu, 01 Agustus 2021 13:31

Saat Amerika dan Aceh Berperang

Aceh

Minggu, 01 Agustus 2021 13:18

Polisi Sebut Sudah Terima Laporan Terkait Kasus  BRI Life

BRI Life