Citilink Pekanbaru Buka Rute Baru, Ini Komentar Nam Air dan Air Asia

Senin, 15 Februari 2016 14:09

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU– Bertambah lagi, operator penerbangan yang menambah rute baru dari Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II. Setelah Xpress Air menyatakan bakal layani Pekanbaru ke Malaka, kini giliran Citilink menyatakan bakal buka rute penerbangan tiga sekaligus.

Dikabarkan Citilink Area Pekanbaru, akan buka tiga rute tersebut yakni, Pekanbaru-Bandung, Pekanbaru-Medan, dan Pekanbaru-Aceh via transit Medan. Rencana penerbangan perdana pada 3 Maret mendatang.

Seperti yang diketahui, rute Pekanbaru saat ini sudah dilayani dua operator penerbangan. Yakni maskapai Lion Air dan Sriwijaya Air melalui anak perusahaan Nam Air. Saat dimintai tanggapannya, Manager Sriwijaya Air District Pekanbaru, Darwis menyebut kehadiran Citilink tidak terlalu mengagetkan.

( Baca : Maskapai Citilink Bakal Layani Penerbangan Langsung Pekanbaru-Bandung)

Baca: Cold Brew, Olahan Kopi yang Tak Biasa

Sebab kabar anak perusahaan Garuda Indonesia tersebut ekspansi rute baru jauh hari memang sudah terdengar. “Sudah, kita sudah dengar,” katanya, Senin (15/02/2016).

Darwis tidak menampik kehadiran Citilink bakal mempengaruhi market yang sudah ada. “Tentu secara bisnis kita prepare terhadap masuknya Citilink sebagai kompetitor,” tuturnya.

Namun Darwis tetap optimis Nam Air bisa bertahan dan tetap memiliki pasar untuk rute Pekanbaru-Medan. “Karena Nam Air lebih dulu dari Citilink. Masing-masing memiliki market sendiri, produk juga berbeda. Kita optimis, porsi kue masih ada,” kata Darwis.

Sedangkan Station Head Airasia , Wahyu Wijanarko di Bandara Sultan
Syarif Kasim (SSK) Pekanbaru memilih tidak berkomentar banyak. Saat ini maskapai asal Malaysia tersebut memang satu-satunya operator penerbangan yang melayani rute langsung Pekanbaru-Bandung.

“Kita sudah tahu, Citilink buka rute Bandung-Pekanbaru,” kata Wahyu. Dirinya menganggap dalam bisnis penerbangan hal itu biasa.

( Baca :Citilink Pekanbaru Bakal Buka Tiga Rute Sekaligus)

Manager Districk Citilink Pekanbaru, Ridwan menyebutkan tiga rute yang bakal diterbangi anak perusahaan Garuda Indonesia ini yakni Pekanbaru-Medan dan Pekanbaru-Bandung penerbangan langsung pulang pergi. Sedangkan satu lagi Pekanbaru-Aceh via Medan. Untuk rute pekanbaru- Bandung harga mulai dari Rp 770.000, Pekanbaru- Medan Rp 350.000, Pekanbaru- Aceh via Medan Rp 730.000.

Ridwan menjelaskan penambahan rute ini dikarenakan adanya permintaan dari masyarakat sebagai pengembangan rute. Penambahan rute ini memang sudah direncanakan sejak lama.

Guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, sebab maskapai Citilink berencana menambah beberapa rute baru untuk tahun 2016. Hal ini didukung dengan rencana anak maskapai Garuda Indonesia ini untuk menambah pesawat sebanyak sembilan armada. (riki)