Catatan Sejarah 14 Desember: Kutub Selatan Pertama Kali Dijelajahi

Sabtu, 14 Desember 2019 09:40
Catatan Sejarah 14 Desember: Kutub Selatan Pertama Kali Dijelajahi

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Adalah penjelajah asal Norwegia, Roald Amundsen beserta empat orang timnya menjadi manusia pertama yang berhasil menginjakkan kaki di Kutub Selatan. Penjelajahan Amundsen berhasil pada 14 Desember 1911.

Amundsen mendirikan tenda di Kutub Selatan. Tenda ini kemudian digunakan sebagai tempat istirahat bagi timnya, sekaligus hal pertama yang dibangun manusia di Kutub Selatan.

Advertisement

Selain tim Amundsen, ada tim penjelajah lain yang dipimpin oleh Robert Falcon Scott, yang tujuannya juga Kutub Selatan. Sayangnya, Scott tiba 5 minggu setelah Amundsen.

Tim Scott juga menggunakan tenda yang didirikan oleh Amundsen sebagai tempat istirahat. Namun, sayangnya Scott dan timnya tewas dalam perjalanan kembali dari Kutub Selatan.

Baca: Tak Hanya Daging Sapi, Rendang Juga Bisa Pakai Bahan Ini Loh!

Tenda yang didirikan Amundsen kemudian menjadi misteri. Para penjelajah lainnya berusaha menemukan lokasi Amundsen mendirikan tenda tersebut, yang kemungkinan besar sudah tertimbun atau sudah berpindah lokasi karena pergerakan es.

Barulah pada tahun 2011, seorang peneliti bernama Olav Orheim mengklaim bahwa dirinya sudah menemukan lokasi tenda Amundsen. Menurut Olav, tenda ini berada di 1,8 sampai 2,5 kilometer dari Kutub Selatan dan sudah tertimbun sedalam 17 meter. (bpc2)