BLK Rohul Difokuskan untuk SDM Pariwisata

Jumat, 11 September 2020 16:35
BLK Rohul Difokuskan untuk SDM Pariwisata
Pesona alam Pulau Jemur, Rokan Hilir.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Riau Jonli mengungkapkan, Balai Latihan Kerja (BLK) milik Pemprov Riau di Kabupaten Rokan Hilir, akan difokuskan untuk pengembangan SDM sektor pariwisata.

Hal ini diungkapkan Jonli di Pekanbaru, Jumat, 11 September 2020. Dia mengatakan, pengembangan SDM sektor pariwisata memang harus difokuskan, agar setiap masyarakat yang akan terjun ke sektor ini benar-benar punya keahlian.

Advertisement

Lagi pula, hal ini dianggap sejalan dengan visi pembangunan Riau kedepan yang akan lebih konsep ke pengembangan sektor itu. “BLK di Rohul itu akan kami fokuskan untuk pelatihan pariwisata,” ungkap Jonli.

Dijelaskan, Pemprov Riau sudah mengambil komitmen untuk meningkatkan pendapatan daerah dari sektor pariwisata. Strategi ini dalam rangka untuk perbaikan kondisi ekonomi daerah yang terkoreksi cukup dalam akibat adanya wabah Covid-19.

Baca: Asyik, Rp 2 Jutaan Bisa Nonton MotoGP

“Nanti di BLK itu juga akan difungsikan untuk pelatihan-pelatihan yang sifatnya lebih spesifik seperti otomotif, menjahit dan lain sebagainya,” ungkap Jonli.

Untuk diketahui, Provinsi Riau memiliki tiga BLK yang berada di Pekanbaru, Dumai dan Rokan Hulu. Untuk BLK Pekanbaru dan Dumai mulai tahun depan dikelola pusat, kemudian BLK Rohul dikelola Pemprov Riau. (bpc2)