Begini Cara Mudah Bikin Es Kasturi, Dijamin Segar

Kamis, 05 Desember 2019 10:11
Begini Cara Mudah Bikin Es Kasturi, Dijamin Segar

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Saat cuaca panas enaknya memang meneguk minuman dingin yang segar dan manis untuk melepas dahaga. Sudah menjadi kebiasaan masyarakat Indonesia bahwa minuman dingin jauh lebih memberikan kepuasan selain melepas haus.

Nah, kini ada banyak jenis minuman menyegarkan yang banyak dijual di pinggir jalan. Namun lagi-lagi rasa memang nggak pernah bohong. Minuman yang biasanya sudah tercampur dengan es terlalu lama akan mengurangi nilai rasanya. Cenderung rasa manis dan rasa buah memudar.

Advertisement

Nah, ada baiknya kalau minuman segar seperti ini kita bikin sendiri karena tergolong mudah dan bisa dilakukan di mana saja dengan peralatan seadanya. Salah satu jenis minuman segar yang tergolong mudah untuk dibuat yakni es jeruk kasturi.

Jeruk mungil ini juga mudah di dapat, karena selalu tersedia di pasar-pasar tradisional. Apalagi kalau di wilayah pedesaan. Jeruk kasturi biasanya ditanam sebagai hiasan di depan rumah. Simak cara bikin es kasturi berikut ini ya:

Baca: Rabu, Promo Ledies Day Grand Central Hotel Pekanbaru

Bahan-bahan:

6-7 buah jeruk kasturi, gula pasir, air hangat dan es batu

Cara membuat:

Potong menjadi 2 bagian jeruk kasturi lalu ambil sari patinya dengan cara diperas ke dalam gelas. Setelah dirasa cukup, pisahkan bijinya. Kemudian masukkan gula pasir secukupnya lalu tuang dengan air hangar kira-kira 1/4 gelar. Kemudian aduk hingga gulanya larut dengan air.

Setelah itu tambahkan air putih biasa hingga larutan gula dan sari pati jeruk kasturi berukuran setengah gelas. Usakan jangan pakai penguat rasa karena akan menghilangkan rasa alami jeruk kastur. Setelah itu tuangkan es batu yang sudan di pecah sampai gelas terlihat penuh. Tunggu beberapa saat sampai minuman betul-betul dingin. Selanjutnya, es jeruk kasturi sudah siap dinikmati. Selamat mencoba. (bpc3)