Yahoo Siapkan Sistem Enkripsi Email Baru

Senin, 11 Agustus 2014 12:14

BERTUAHPOS.COM, JAKARTA  – Aktivitas pengintaian pesan secara diam-diam oleh pemerintah dan hacker kini telah menjadi rahasia umum. Karena itu, perusahaan teknologi ingin lebih memberikan keamanan bagi para pengguna sehingga tidak menjadi korban ‘pengintaian’.

Seperti halnya Yahoo yang menyatakan bergabung dengan Google untuk membuat sistem enkripsi baru untuk email. Dengan sistem email yang aman ini, hacker dan pemerintah tidak bisa lagi membaca pesan pengguna.

Dilansir Telegraph, Senin (11/8/2014), bersatunya perusahaan-perusahaan teknologi memperkuat pertahanan melawan penyusupan pemerintah ini berawal dari bocoran informasi Edward Snowden. Dia pada tahun lalu membeberkan program pengawasan massal National Security Agency (NSA).

Pasca serangkaian informasi mengalir dari Snowden, keamanan perusahaan-perusahaan teknologi pun menjadi sorotan. Sejumlah perusahan itu akhirnya memperketat keamanannya.

Baca: Smartwatch Generasi Terbaru dari Apple Segera Dirilis

Google, Microsoft, dan Facebook mengenkripsi trafik internal setelah Snowden mengungkapkan bahwa badan intelijen menyusup ke dalam koneksi mereka di luar negeri. Yahoo sendiri telah mengubah proses email, sehingga pengguna mengadopsi jenis pesan yang dienkripsi.

Google juga mendorong para developer untuk membuat situs mereka lebih aman bagi pengunjung dengan menggunakan enkripsi situs. Ini disebut sebagai salah satu faktor untuk menentukan peringkat pencarian.(liputan6)