Vaksin Corona Diklaim Tersedia Sekitar 4 Bulan Lagi

Minggu, 02 Agustus 2020 10:10
Vaksin Corona Diklaim Tersedia Sekitar 4 Bulan Lagi

BERTUAHPOS.COM —Klaim ini datang dari Australia. Ilmuwan di Adelaide meyakini bahwa mereka talah menyelesaikan tahapan uji vaksin corona fase pertama pada manusia. Uji coba ini melibatkan setidaknya 40 relawan. Proses uji dilakukan belum lama ini

Hasil uji coba menunjukkan tanda-tanda menjanjikan. Vaksin yang dinamakan COVAX-19 ini dianggap benar-benar bisa menyelamatkan jiwa. Pihak produsen juga mengklaim bahwa vaksin ini aman untun segera digunakan pada manusia.

Advertisement

“Kami punya sesuatu yang kami percaya sudah menunjukkan bahwa ini potensial menyelamatkan nyawa,” kata Prof Nikolai Petrovsky, ilmuwan yang memimpin riset vaksin ini, dikutip dari 3AW.

Detik Health dalam laporannya menjelaskan bahwa ilmuan ini hanya perlu melakukan program uji coba secara klinis serta izin yang harus diselesaikan segera.

BACA JUGA:  Perkiraan Lonjakan Kasus COVID-19 di Riau di Minggu ke-3 Juni Jika Mudik Lebaran Tak Terbendung

Baca: Inilah Doa-Doa Agar Suami Tidak Selingkuh 

Prof Petrovsky menyebut vaksin ini telah menunjukkan antibodi yang kuat pada hewan uji dan terbukti menginduksi respons antibodi pada manusia. Jika berjalan lancar, diperkirakan vaksin tersebut akan tersedia dalam waktu 3-4 bulan kedepan. (bpc2)