Supermoon Terakhir Dapat Disaksikan Malam Ini

Kamis, 07 Mei 2020 20:50

BERTUAHPOS.COM – Malam ini merupakan malam terakhir supermoon pada 2020. Penampakan supermoon kali ini dipastikan tidak akan secerah pada bulan sebelumnya. Supermoon pada malam 07 Mei 2020, bisa dilihat sepanjang malam diseluruh dunia. Diameter bulan tampak lebih besar jika dilihat dari hasil potret kamera, dari ukuran biasanya di saat bulan purnama.

Supermoon dikenal dengan fenomena bulan ada di posisi paling dekat dengan bumi. Oleh sebab itulah bulan akan tampak lebih besar dan sangat jelas. Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjelaskan memang akan lebih sulit memandingkan supermoon dengan purnama biasa tanpa adanya alat bantu.

Namun, supermoon malam ini tidak akan secerah dan sebesar dengan fenomena supermoon yang terjadi pada 7 April lalu, yang dijuluki pink supermoon.  “Dibandingkan purnama lain memang lebih besar. Tapi yang paling besar sudah April yang lalu, itu yang paling besar. Yang ini lebih kecil dan yang terakhir di 2020,” kata Kepala Bidang Geofisika Potensial dan Tanda Waktu BMKG, Hendra Suwarta, mengutip dari Bisnis.com.
Jika tak ada hujan atau mendung di semua daerah di Indonesia bisa menikmati supermoon. Fenomena ini dikabarkan juga sangat berpengaruh terhadap naiknya permuakan air laut atau biasa dikenal dengan istilah pasang, makin pengaruhnya sangat kecil. (bpc3)