Puluhan Ribu Aplikasi dari Toko China Dihapus AppStore

Minggu, 02 Agustus 2020 09:19
Puluhan Ribu Aplikasi dari Toko China Dihapus AppStore

BERTUAHPOS.COM — AppStore yang merupakan pabrikan Apple Inc menghapus setidaknya 29 ribu lebih aplikasi dari toko aplikasi China. Data dari sebuah perusahaan riset bernama Qimai, ada 26 ribu jumlah pemain ponsel yang juga aplikasinya dihapus pada AppStore.

Reuters melaporkan, AppStore harus mengambil langkah penghapusan itu lantaran terjadi tindakan keras terhadap permainan tanpa izin oleh otoritas China. Di awal tahun Apple memberikan deadline pada penerbit game hingga akhir Juni untuk melaporkan nomor lisensi, hal ini juga memungkinkan kepada pengguna untuk membeli dalam aplikasi.

Advertisement

Melansir Republika.co.id, toko aplikasi Android China telah lama mematuhi peraturan itu. Namun belum diketahui secara jelas mengapa Apple begitu ketat di tahun ini. Pembuat ponsel asal AS itu telah menghapus lebih dari 2.500 judul dari app store miliknya selama minggu pertama bulan Juli. Game yang ikut terhapus termasuk Zynga dan Supercell.

Pemerintah China telah lama berupaya untuk menegakkan peraturan yang lebih ketat pada industri game-nya untuk menghapus konten sensitif. Proses persetujuan untuk game yang ingin mengaktifkan pembelian dalam aplikasi adalah panjang dan rumit, melukai semua kecuali pengembang game terbesar. (bpc2)

Baca: Belajar Desain Grafis Bersama Dompet Dhuafa