‘Misteri Besi dari Langit’, Bagaimana Al-Quran Menjelaskannya

Sabtu, 19 September 2020 11:57
‘Misteri Besi dari Langit’, Bagaimana Al-Quran Menjelaskannya

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Ingat film robot Transformer yang legendaris. Karena perang di planet Cybertrone, Autobots di bawah pimpinan Optimus Prime harus mencari dukungan manusia di bumi. 

Sementara D’Cepticon di bawah pimpinan Megatron terus memburu mereka ke bumi, namun terjebak di bawah lapisan es jutaan tahun di dalam perut bumi. 

Advertisement

Menunggu waktu yang tepat untuk bangkit menyerang autobot yang lebih dulu menjalin relasi dengan manusia bumi. Namun, karena dukungan manusia, D’Cepticon dapat mereka kalahkan. 

Terlepas sebagai film fiksi, Transformers mengisyaratkan besi, baja, dan metal sudah lama tersimpan di perut bumi. 

Baca: Ini Strategi SpeedUp Kuasai Pasar Tablet Gamers di Pekanbaru

Menurut penelitian NASA, planet bumi pernah mengalami hujan asteroid kaya unsur besi (Fe). Dari setiap benturan itulah membentuk bahan bebatuan planet bumi. 

Sekaligus menimbulkan ledakan energi yang meningkatkan suhu permukaan bumi hingga 1.800oC. 

Ir Agus Haryo Sudarmojo pernah menulis buku history of earth (2013), mengatakan kalau lautan batu yang mencapai kedalaman 100 mil lebur dan meluas menyelimuti bumi. 

Radioaktif dalam planet bumi semakin memanaskan suhu dalam interior bumi, sehingga menjadi sebuah periuk besi yang meleleh.

Lelehan meteor besi ini kemudian menyusut ke tengah karena ditarik gaya gravitasi  bumi. Dan akibat besi yang berasal dari tumbukan asteroid terkonsentrasi itu, Bumi pun membentuk lapisan magatosfer yang melindunginya dari serangan badai matahari.

“Lelehan besi itu mengalir hingga ribuan kilometer dari permukaan bumi. Mengikuti perjalanannya menuju inti bumi. Membutuhkan waktu 1 miliar tahun. Kalau memakai skala waktu geologi tergolong pendek. Itulah kenapa bumi mempunyai inti besi yang dikelilingi lelehan batuan gunung berapi,” kata geolog Universitas Trisakti generasi keenam KGPAA Mangkunegoro alias Pangeran Samber Nyowo, salah seorang penyebar agama Islam di tanah Jawa abad 18 lalu.

Firman Allah dalam surat Al-Hadid 25 artinya: Sesungguhnya Kami telah mengutus rasul-rasul Kami dengan membawa bukti-bukti yang nyata dan telah Kami turunkan bersama mereka Alkitab dan neraca, supaya manusia dapat melaksanakan keadilan. Dan Kami menurunkan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat dan berbagai manfaat bagi manusia. Dan supaya Alloh mengetahui siapa yang menolong agama-Nya dan rasul-rasul-Nya….” (bpc5)

 

Berita Terkini

Rabu, 28 Oktober 2020 18:10

STISIP Persada Bunda Jalani Asesmen Lapangan oleh BAN PT Secara Daring

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melakukan asesmen lapangan (AL) secara daring terhadap Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisip)…

Rabu, 28 Oktober 2020 14:46

Menghentikan Ancaman Hidrometeorologi, Cabut Izin Korporasi Perusak Hutan

#hutan #Hidrometeorologi

Rabu, 28 Oktober 2020 14:22

UMP Riau Sudah Ditetapkan

#ump #upah

Rabu, 28 Oktober 2020 14:13

Sri Mulyani: Pemda Akan Disuntik Insentif

#srimulyani #keuangan

Rabu, 28 Oktober 2020 14:01

Hati-hati Munafik Beribadah Kepada Allah

ISLAMPEDIA