Inilah Kemampuan Kamera OPPO Reno3 yang Katanya Topcer Siang-Malam

Selasa, 17 Maret 2020 02:30
Oppo Reno 3. (Foto: Oppo Indonesia)

BERTUAHPOS.COM – Kemampuan kamera ciamik menjadi keunggulan utama OPPO Reno3. Ponsel tersebut diperkuat seperangkat lensa yang dikatakan mampu menghasilkan foto di berbagai kondisi pencahayaan.

Di bagian belakang Reno3, terpasang empat lensa dengan karakter yang berbeda. Melansir dari detikcom, keempatnya disusun berderet vertikal. Fungsi dari masing-masing lensa tersebut, yakni kamera utama 48MP aperture f/1.79, kamera telephoto 13MP f/2.4, kamera ultra wide 8MP f/2.2, dan kamera mono lens 2MP f/2.4.

OPPO, keempatnya punya fungsi penting untuk menyajikan ragam jepretan gambar. Teknologi Ultra Clear membuat lensa utama OPPO Reno3 dapat menghasilkan foto beresolusi 108MP, meskipun resolusi bawaan lensa utama 48MP.

Teknologi tersebut bekerja dengan menggabungkan beberapa foto melalui proses image stitching. Selain itu, kameranya juga mengkalibrasi warna hingga ukuran pixel tiap gambar guna menghasilkan foto yang jernih dan juga kaya akan warna.

Baca: Telkomsel 4G Wujudkan Medan Sebagai Kota Modern

Kamera belakang Reno3 turut dibekali lensa super makro untuk memotret gambar detail dari jarak minimal 3 cm. Super makro diperuntukkan mengambil gambar berukuran kecil, seperti pemotretan die cast, action figure, lego, dan sebagainya sehingga dihasilkan gambar yang presisi. Lensa super makro dapat dipadukan dengan mode 108MP ultra clear image yang membuat gambar semakin jernih.

Sementara itu, lensa ultra wide angle menghadirkan kebolehan mengambil objek gambar dalam rentang sudut pandang yang luas. Lensa ultra wide pada OPPO Reno3 mampu mengambil sudut pandang hingga 119,9 derajat. Sudut luas tersebut dibuat untuk mengeliminasi distorsi foto. Kombinasi lensa-lensa tersebut memberikan keleluasaan untuk melakukan pembesaran objek hingga 5x hybrid zoom. Hybrid zoom pada OPPO Reno3 menggabungkan pembesaran 2x optical zoom (menggunakan pergerakan lensa), 2-3x zoom menggunakan kombinasi pergerakan lensa dan pembesaran lewat perangkat lunak, serta 20x pembesaran digital zoom yang mengandalkan sistem zoom dari perangkat lunak.

Keunggulan lain dari kamera OPPO Reno3, yaitu adanya fitur Ultra Dark Mode. Fitur ini berfungsi membantu kamera mengambil gambar di kondisi minim cahaya. Ultra Dark Mode otomatis aktif ketika berada di ruangan dengan pencahayaan di bawah 5 lux. Sebagai gambaran, 1 lux setara dengan pencahayaan ruangan gelap menggunakan satu buah lilin. Ultra Dark Mode OPPO Reno3 bekerja paling maksimal dalam kondisi cahaya 0,3-1 Lux.

Beralih ke kamera depan, OPPO memberikan lensa tunggal resolusi 44MP. Resolusi kamera ini terbesar di kelasnya. Sebagai kamera selfie, kamera depan tersebut dilengkapi dengan fitur Ultra Night Selfie untuk pengambilan foto di tempat gelap. Kamera mengambil banyak foto sekaligus lalu digabungkan dan disunting dengan high-dynamic ranging (HDR) untuk mengurai noise dan menjadikan foto terlihat jernih.

Dalam hal pengambilan video, OPPO menanamkan sistem Ultra Steady Video 2.0. Dengan sistem tersebut, pengambilan gambar dikatakan menjadi lebih stabil sekalipun banyak getaran saat perekaman.

Teknologi unggulan lain pada Reno 3 yakni OPPO Screen Image Engine (OSIE), perangkat lunak untuk optimasi gambar video pendek. Kehadiran OSIE membantu meningkatkan kualitas gambar dan efek visual dari di aplikasi pihak ketiga, seperti Instagram, TikTok, Vmate, Vigo, dan Likee.

(bpc3)