Hati-hati Jebakan Produk BM

Sabtu, 07 Juni 2014 16:14

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Gempuran barang-barang dari pasar gelap atau black market (BM) terutama produk smartphone seolah-olah sulit untuk dibendung. Bentuk yang mirip dan harga yang miring menjadi daya tarik di mata konsumen.


Barang-barang tersebut pun dengan mudah didapatkan, bahkan dijual bebas di pusat-pusat perbelanjaan, termasuk di Pekanbaru. Seperti yang dikatakan oleh Agung (36) pemilik toko seluler di Mall Pekanbaru, Sabtu (7/6/2014).


“Blackmarket memang banyak beredar, dan semuanya hampir sama saja dengan yang lain. Yang membedakannya hanya dari segi harga dan bagaimana barang tersebut masuk,” ujar Agung.


Barang BM ini, lanjut Agung, untuk bodi, mesin dan merk sama saja. Yang membedakan biasanya tanpa garansi atau hanya garansi dari toko. Harganya juga mencapai 50 persen dari harga barang yang asli.

Baca: Telkomsel Raih Empat Frost & Sullivan Indonesia Excellence Awards 2014


Namun Agung menyarankan agar  konsumen berhati-hati dengan produk BM dan sebaiknya membeli barang yang asli. Meskipun mahal namun kualitas terjamin. “Namun kembali lagi, itu haknya konsumen dan saya tidak memaksa karena itu pilihan mereka,” tutupnya. (iqbal)

Â