HaloUKM, Aplikasi Jual Beli Untuk Pelaku UMKM Pekanbaru

Selasa, 08 November 2016 11:14
HaloUKM, Aplikasi Jual Beli Untuk Pelaku UMKM Pekanbaru

BERTUAHPOS.COM (BPC), PEKANBARU – Bagi kamu pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), tidak ada salahnya kamu mencoba produk baru dari Telkomsel, yakni HaloUKM.

Menurut keterangan Wandha Ranika selaku account officer Telkomsel Pekanbaru, situs ini mirip dengan situs jual beli online yang saat ini beredar di Indonesia. Hanya saja HaloUKM ini dikhususkan kepada para pelaku usaha UMKM.

“Ini merupakan sejenis aplikasi jual beli. Aplikasi ini kita berikan kepada pelaku UMKM yang nantinya aplikasi tersebut bisa mereka jalankan sendiri,” katanya kepada bertuahpos.com, Selasa (8/11/2016).

Aplikasi yang bekerjasama dengan Bono Websystem itu, telah dijalan sejak pertengahan 2016 ini. Aplikasi tersebut untuk saat ini hanya tersedia bagi pelaku UMKM yang ada di Pekanbaru.

Baca: Kini Xiomi yang Jadi ‘Raja Ponsel’ di Indonesia, Bagaimana Penjualan Oppo, Vivo, Samsung & Realme?

“Untuk mensosialisasikan ini, kita juga lakukan pelatihan bagi mereka. Disana kita mengadakan seminar setiap hari senin, bagaimana cara pembuatan, menggunakan serta memasarkan produk mereka melalui HaloUKM,” jelas Wandha.

Bagi pengguna android yang telah men-download aplikasi tersebut, mereka bisa mencari seputar produk yang tengah dipasarkan oleh pelaku usaha UMKM tersebut.

“Misalnya, mau mencari makanan khas di Pekanbaru, model kerajinan ataupun seputar produk mereka. Yang jelas kita membantu untuk menaikkan omset mereka. Kita membantu mereka melalui HaloUKM ini,” lanjutnya.

Sejak diluncurkan, pihaknya tidak menargetkan sampai berapa pengguna UMKM yang menggunakan aplikasi itu. Hanya saja, sebanyak mungkin UMKM yang di Pekanbaru bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Untuk di tiga bulan pertama, pelaku UMKM akan digratiskan untuk pembuatan aplikasi tersebut. Namun untuk selanjutnya, mereka cukup membayar paket sesuai yang mereka inginkan.

“Disini tersedia dalam dua paket bundling Halo, paket A seharga Rp 550.000 dan paket B seharga Rp 650.000,” tutupnya.

Penulis: Iqbal