Guys, Tahu Nggak Sih Apa Itu Layar OLED & AMOLED pada Smartphone? Simak Penjelasan Berikut Ini ya…

Kamis, 13 Mei 2021 12:30
Guys, Tahu Nggak Sih Apa Itu Layar OLED & AMOLED pada Smartphone? Simak Penjelasan Berikut Ini ya…

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Layar OLED dan AMOLED pada smartphone tentu saja sudah sering kita dengar. Namun tentunya tidak semua dari kita mengerti tentang layar itu. Apalagi teknologi dan kegunaannya. Nah, supaya kamu nggak gaptek – gaptek amat mari kita simak apa itu layar OLED dan AMOLED, sebagaimana dikutip dari recode.

Layar OLED

Advertisement

Untuk bagian pertama akan kita bahas dahulu jenis layar OLED. OLED sendiri merupakan singkatan dari Organic Light-Emitting Diode, dimana ini adalah jenis Light-Emitting Diode (LED) yang pada lapisan emissive electroluminescent merupakan lembaran senyawa organik yang akan memancarkan cahaya bila dilalui arus elektrik.

Lapisan bahan semikonduktor organik tersebut diletakkan di antara dua elektroda, yang pada umumnya salah satu elektroda tersebut memiliki karakteristik yang tembus pandang. Jenis layar OLED sendiri dibagi langi menjadi dua jenis, yakni: Small Molecule (SMOLED) Organic Polymer (PLED atau LEP).

Baca: Harga iPhone di Rusia Termurah Sepanjang Sejarah

BACA JUGA:  Guys, HP Realme Berikut Dirilis April Ini, Cek Yuk...

Untuk jenis layar OLED ini mempunyai karbon organik yang bisa menghasilkan cahaya di setiap bagian layarnya. Uniknya, molekul dari karbon organik ini tidak memerlukan lampu atau cahaya dan bisa menerangi dirinya sendiri Serta bisa menciptakan tingkat kecerahan yang imbang dengan pewarnaan yang lebih realistis.

Sehingga secara sederhana, jenis layar OLED ini bisa menciptakan satu warna konsisten di manapun penonton bisa menyaksikannya dalam sebuah ruangan. Selain itu, untuk ukuran layar OLED sendiri bisa lebih tipis dari QLED dan sangat hemat konsumsi daya listrik.

Layar AMOLED

Sementara untuk jenis layar AMOLED (Active Matrik Organic Light- Emitting Diode), adalah sebuah pengembangan teknologi layar yang berasal dari OLED sebagai bahan organik utamanya. Untuk layar AMOLED sendiri terdiri dari film-film tipis sehingga membentuk perangkat yang memiliki tekstur yang lebih padat.

Dimana jika susunan film-film tersebut apabila dialiri energi listrik maka akan memancarkan cahaya. Untuk jenis layar AMOLED benar-benar terbentuk dari diode organik, bukan terbentuk dari kristal, filter polar ataupun backlight seperti yang terdapat pada layar jenis LCD.

Salah satu kelebihan jika sebuah smartphone menggunakan jenis layar ini adalah,perangkat tersebut dapat menampilkan gambar yang lebih jernih dibanding teknologi display lainnya termasuk OLED itu sendiri. Selain itu, view angle atau sudut pandang pada layar AMOLED juga lebih baik jika dibanding jenis display atau layar lainnya.

Bahkan, layar jenis AMOLED ini juga diketahui dapat membuat pergerakan atau transisi sebuah gambar jauh lebih halus karena respon dan refresh rate yang jauh lebih baik dibanding jenis layar lainnya. Dengan kata lain,menggunakan smartphone yang dibekali dengan AMOLED bisa dibilang benar-benar memanjakan mata. (bpc2)