COVID-19: Kominfo Catat Ada 474 Hoaks Terkait Corona

Rabu, 08 April 2020 13:37

BERTUAHPOS.COM – Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate, menyebut perhari ini ada 474 hoaks terkait Corona Virus Disease (Covid-19). Johnny meminta masyarakat secara cerdas tidak menyebarkan hoaks.

“Hingga pagi ini ada 474 isu hoaks secara akumulatif dan tersebar di lebih dari 1000 sebaran di platform digital,” kata Johnny saat jumpa pers di BNPB, Jakarta, Rabu 08 April 2020.

Kemudian, pihaknya sudah melakukan komunikasi dengan Facebook, Instagram, Twitter dan Youtube soal berita hoaks. Dia bilang, ada 1125 sebaran hoaks di empat platform digital tersebut.

Rinciannya, Facebook 785 hoaks, Instagram 10, Twitter 324 dan Youtube 6. Dan yang sudah takedown oleh Facebook sebanyak 303 hoaks, Instagram 3 dan Twitter 53. Sedangkan Youtube masih dalam proses. Sehingga, masih terdapat 766 sebaran isu hoaks yang beredar platform digital itu.

Baca: Ha? Google Kalender Bisa Curi Uang?

“Kami sudah berkomunikasi secara rutin termasuk dengan kantor-kantor pusat ini di Amerika Serikat dan perwakilan nya di Jakarta untuk minta proses take down atau blokir terhadap hoaks dan diinformasi yang ada di platform mereka masing-masing,” ucap Johnny.

Politikus NasDem itu menambahkan, Covid-19 adalah pandemi global dan bukan di Indonesia saja. Karena itu, menangani dan memutus mata rantai secara global dan domestik menjadi tugas semua komponen termasuk platform-platform digital global. “Makanya kami minta segera lakukan proses takedown-nya,” pungkasnya.

Sumber: Merdeka.com