3 Hal Urgen yang Harus Dilakukan Telkomsel Terkait Kasus Gangguan Jaringan

Jumat, 14 Agustus 2020 05:25
3 Hal Urgen yang Harus Dilakukan Telkomsel Terkait Kasus Gangguan Jaringan
Net

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Ada banyak pihak yang terdampak dari gangguan jaringan Telkomsel akibat terbakarnya Fasilitas Sentra Telepon Otomat (STO) Telkom di kota Pekanbaru, pada Selasa, 11 Agutsus 2020 lalu.

Hampir dipastikan setiap pihak yang menggunakan jaringan server Telkomsel bisa dikatakan lumpuh total dalam hal pelayanan via online. Seperti perbankan, dan pelayanan online lainnya di Pemprov Riau.

Advertisement

Ketua Pengurus Harian YLKI Tulus Abdi, saat dihubungi bertuahpos.com, Kamis, 13 Agustus 2020, mengatakan ada 3 hal urgen yang harus dilakukan pihak Telkomsel terkait kasus gangguan jaringan ini. Hal ini penting untuk dilakukan mengingat dampak yang dialami sangat merugikan banyak pihak.

Pertama, pihak Telkomsel harus meminta naaf kepada konsumen mereka yang sangat dirugikan. Akibat kasus itu pelayanan banyak pihak menjadi terganggu, dan pihak Telkosel dinilai kurang handal dalam menangani kemungkinan kondisi yang terjadi.

Baca: Keunggulan Oppo A39 Jadikan Pengguna Tidak Ingin Berpaling

Kedua, pihak Telkomsel harusnya memberikan kompensasi dan mengembalikan dana konsumen yang sudah terlanjur terpakai untuk membeli paket data.

Sedangkan poin ketiga, yang perlu dilakukan oleh pihak Telkomsel sebagai bentuk tanggung jawab mereka kepada pelanggan, yakni menjamin keadaan tetap terjaga. 

“Padahal, katanya sistem kabel Telkom itu lapis empat. Tapi (Kenyataannya) kok bisa begitu?” ujar Tulus Abdi.

Seperti diberitakan sebelumnya, pihak Telkomsel, sejauh ini sudah menyampaikan permohonan maaf mereka secara resmi melalui keterangan tertulis.

Vice President Corporate Communication Telkomsel Denny Abidin mengungkapkan, layanan komunikasi, baik telpon, SMS dan akses data Telkomsel di seluruh wilayah Sumatera yang terdampak, kini berangsur pulih.

“Kami juga menyampaikan permohonan maaf kepada pelanggan yang sempat terdampak atas ketidaknyamanan yang terjadi. Kami mengapresiasi kepercayaan pelanggan yang tetap setia menggunakan layanan Telkomsel,” ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima bertuahpos.com, Kamis, 13 Agutsus 2020. (bpc2)