The Wisdom of Bees, Keajaiban Organisasi Lebah

Kamis, 27 Februari 2014 09:19

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU – Buku ini menyadarkan kita bahwa begitu ajaibnya manajemen dalam koloni lebah. Meski ribuan ekor lebah dalam 1 sarang, namun mereka dapat mengatur dengan baik mengenai pembagian kerja, saling mengerti, dan toleransi antar sesama.

Buku yang ditulis oleh Michael O’Malley, Ph. D ini memiliki 25 bab, dimana masing-masing bab berisi edukasi tentang manajerial dalam koloni lebah.

Michael O’Malley, Ph.D., adalah seorang psikolog sosial dan konsultan manajemen yang telah melatih beberapa perusahaan terbesar di dunia. Saat ini ia adalah editor eksekutif untuk bisnis, ekonomi, dan hukum di Yale University Press dan dosen di Columbia Business School.

Ia menjadi peternak lebah avid sejak tahun 2002 dan tinggal di New Haven, Connecticut. Sebagai peternak lebah, ia tertarik untuk menilik lebih dalam lagi mengenai prilaku dan aktifitas lebah dalam organisasinya. Ternyata ia sadar, bahwa lebah memiliki kemampuan manajerial dan system organisasi yang sempurna.

Baca: Edisi Baru Cetak Biru “Tubuh” Ekonomi Kita

Lebah ternyata memiliki kemampuan berkomunikasi dan berpikir dalam waktu yang sama. Lebah memiliki cara komunikasi yang canggih, bahkan membuat beberapa ilmuwan menjuluki mereka sebagai “mamalia kehormatan”. Kenyataannya lebah memiliki setidaknya 17 sinyal komunikasi yang berbeda dan rahasia yang melibatkan segala indra mereka.

Hal menarik lainya adalah bagaimana seekor Ratu Lebah sebagai leader dapat mengendalikan teamnya sebanyak ribuan ekor. The Wisdom of Bees sangat direkomendasikan bagi Anda, yakni pelaku organisasi maupun calon leader dalam organisasi yang akan Anda pimpin, bahkan bagi mahasiswa, dosen serta peminat dunia manajerial.

Buku yang diterbitkan oleh Metagraf pada tahun 2012 ini akan membuat Anda kaget dengan system organisasi yang diaplikasikan oleh lebah. Bagaimana ribuan ekor lebah bekerja tanpa acuan cetak untuk mengatur mereka? Bagaimana kelompok-kelompok besar yang berbeda itu mampu bekerja sama dengan harmonis dan produktif?.(smr)