Sentimen Bank Sentral AS Bakal Topang IHSG

Rabu, 17 April 2013 18:59

Laju perdagangan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan bergerak mixed. IHSG akan cenderung menguat pada kisaran support-resistance 5.005-5.053.

Menurut Research Analyst Panin Sekuritas Purwoko Sartono, pergerakan indeks hari ini akan dipengaruhi oleh sikap investor yang percaya the Fed akan kembali melanjutkan stimulusnya.

“Para investor percaya bahwa The Fed akan kembali melanjutkan yang telah dilakukan seiring dengan belum stabilnya indikator dan tren pertumbuhan ekonomi,” jelasnya di Jakarta, Rabu (1/4/2013).

Lebih lanjut dia menjelaskan, petinggi the Fed akan menggelar meeting Federal Open Market Committee (FOMC) mulai hari ini sampai besok, diperkirakan the Fed akan memperbaharui komitmen pembelian surat utang.

Baca: Tujuh Keajaiban Rezeki, Rahasia Meraih Kesuksesan

“Selain itu, hasil pending home sales Maret tumbuh 1,5 persen lebih tinggi dari perkiraan yang sebesar 1 persen juga akan mempengaruhi pergerakan. Indeks pada perdagangan hari ini,”imbuhnya

IHSG pada perdagangan kemarin ditutup menguat didorong oleh hasil kinerja emiten kuartal I-2013. Selain laporan keuangan, pergerakan IHSG juga dipengaruhi oleh sentimen positif dari S&P500 yang berhasil mencetak rekor baru seiring dengan data penjualan rumah.

“Sentimen lain yaitu adanya keyakinan dari investor bahwa the Fed akan terus melakukan stimulus hingga pengangguran membaik,” kata dia.