Syamsuar Minta Kegitan Lomba 17-an Ditiadakan

Rabu, 29 Juli 2020 14:14
Syamsuar Minta Kegitan Lomba 17-an Ditiadakan

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Gubernur Riau Syamsuar meminta kepada setiap lapisan masyarakat di Riau, untuk tidak menggelar kegiatan perlombaan 17-an, pada saat perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (HUT RI ke-75) nanti.

“Kami meminta kepada masyarakat agar tidak menggelar kegiatan perlombaan karena sifatnya akan mengumpulkan banyak orang. Dalam situasi COVID-19. Hal-hal seperti itu tentu dicegah agar tidak terjadinya penularan virus dengan skala yang lebih besar,” ungkapnya, Rabu, 29 Juli 2020.

Advertisement

Syamsuar mengatakan, dirinya meminta pengertian masyarakat terhadap kondisi itu. Dalam situasi wabah seperti ini, sangat dikhawatirkan akan terjadi penularan virus dalam jumlah besar jika protokol kesehatan tidak dilaksanakan dengan disiplin.

Dia menyebut, tidak dilaksanakannya kegiatan perlombaan 17-an sama sekali tak mengurangi arti nilai kemerdekaan.

Baca: Kapolda Riau: Kami Dukung Pekanbaru PSBB

Justru warga diminta untuk mematuhi protokol kesehatan, juga bagian dari bentuk cinta Tanah Air agar wabah corona segera hilang, dan aktivitas bisa kembali normal seperti sedia kala.

“Kalau kegiatan-kegiatan perlombaan itu dilakukan via internet, saya rasa tidak masalah. Tapi kalau untuk bertemu langsung seperti tahun-tahun sebelumnya, saya rasa jangan dululah,” jelasnya.

Syamsuar menambahkan, di beberapa daerah di Riau, saat ini memang terjadi penambahan jumlah kasus yang cukup signifikan.

Seperti di Pekanbaru, dan di beberapa daerah lainnya di Riau dengan jumlah penduduk padan dan mobilitas masyarakat yang tinggi.

Oleh sebab itu, Syamsuar juga meminta kepada tokoh masyarakat dan pemuka agama agar bisa ikut sosialisasikan himbauan ini. Tujuannya, agar masyarakat tidak menggelar kegiatan perlombaan seperti biasa pada saat 17 Agustus 2020 nanti. (bpc2)