Soal Penunjukan Pjs, Masyarakat Rohul Merasa ‘tak Dipandang’ oleh Syamsuar

Sabtu, 26 September 2020 12:42
Soal Penunjukan Pjs, Masyarakat Rohul Merasa ‘tak Dipandang’ oleh Syamsuar

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Masyarakat Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) merasa tidak dipandang oleh Gubernur Riau Syamsuar dalam hal penetapan Penjabat Sementara (Pjs) untuk di kabupaten itu.

“Penunjukan Pjs Bupati Rokan Hulu oleh Gubernur Riau, lagi lagi membuat kami orang Rokan Hulu merasa seperti ‘tidak dipandang’,” kata  Sekretaris Umum Himpunan Keluarga Rokan Hulu-Pekanbaru Dr Jupendri SSos, MIKom.

Advertisement

Jupendri menjelaskan, paling tidak ada tiga hal yang menjadi catatan bagi orang Rokan Hulu. Pertama, minimnya perhatian Pemerintah Provinsi Riau pada  jalan-jalan Provinsi di Rokan Hulu, terkesan dibiarkan dan kondisinya rusak parah, sulit untuk ditempuh dan terkadang menyebabkan kecelakaan.

“Kerusakan jalan ini sudah dua tahun tidak mendapat perhatian dari pemerintah Provinsi Riau,” ungkapnya dalam keterangan resmi yang diterima bertuahpos.com, Sabtu, 26 September 2020.

Baca: Sosialisasi COVID-19: ‘Mobil Halo-Halo’ Bergerak Ke Pasar Dupa, Ini Kata Warga

Alasan kedua, pengangkatan dan penempatan penjabat eselon II beberapa waktu yang lalu, praktis tidak ada putra asal Rokan Hulu. Padahal sudah ada beberapa yang dinyatakan lulus seleksi kompetensi. 

Ketiga, dijelaskan Jupendri, penunjukkan Pjs Bupati Rokan Hulu bukan dari putra daerah Rokan Hulu, padahal masih ada putra asal Rokan Hulu di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau yang memenuhi persyaratan dan layak untuk ditunjuk. 

“Jika melihat dari kebijakan kepemimpinan sebelumnya, penunjukan seorang Pjs Kepala Daerah untuk sementara waktu selalu memperhatikan dan menunjuk putra daerah asalnya,” ungkapnya.

“Demikian juga harapan kami masyarakat Rokan Hulu saat ini ada perlakuan yang sama dengan kebiasaan sebelumnya, Karena itulah, kami masyarakat  Rokan Hulu merasa sudah ‘tidak dipandang’. Padahal mayoritas masyarakat Rokan Hulu telah berjasa memenangkan kepemimpinan ini pada waktu Pilgubri yang lalu,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengungkapkan Surat Keputusan (SK) Penjabat (Pj) dan empat Pejabat Sementara (Pjs) bupati sudah keluar dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Pelantikan akan dilakukan siang nanti di Gedung Daerah Pekanbaru.

Adapun untuk Pj Bupati Bengkalis yang akan dilantik adalah Syahrial Abdi (Asisten III), Pjs Bupati Rokan Hilir Rudyanto (Staf Ahli), Pjs Bupati Siak Indra Lukman Agus (Kadis ESDM) dan Pjs Bupati Kuansing adalah Roni Rakhmat (Kadispar Riau).

Sedangkan untuk Pjs Bupati Rokan Hulu yakni Masrul Kasmy (Staf Ahli). Dia diketahui adalah putra kelahiran Pekanbaru. Berdasarkan penelusuran bertuahpos.com, rekam jejak Masrul Kasmy di birokrat, memang terbanyak di Kabupaten Bengkalis, dan pernah menduduki sebuah jabatan di Pemkab Meranti.

“SK Pj dan Pjs bupati sudah keluar. Pelantikannya siang nanti, jam 13.00 WIB di Gedung Daerah Pekanbaru,” Gubri Syamsuar, Sabtu, 27 September 2020. (bpc2)