Pemkab Siak Pastikan Setiap Kecamatan Sediakan Tempat Isolasi

Kamis, 29 Oktober 2020 16:43
Pemkab Siak Pastikan Setiap Kecamatan Sediakan Tempat Isolasi
Kepala ESDM Provinsi Riau Indra Agus Lukman. (Foto: Melba / Bertuahpos)

BERTUAHPOS.COM, SIAK — Pemerintah Kabupaten Siak memastikan di setiap kecamatan telah sediakan tempat isolasi mandiri untuk pasien covid-19 tanpa gejala atau pasien dengan gejala ringan. Ketersediaan tempat isolasi mandiri di Siak sebagai bentuk tindak lanjut arahan Gubernur Riau Syamsuar.

Pjs Kabupaten Siak Indra Agus Lukman mengatakan, tersedianya tempat isolasi mandiri di setiap kecamatan di Siak merupakan salah satu upaya pemerintah daerah untuk menekan angka penyebaran kasus. Siak merupakan salah satu kabupaten dengan angka eskalasi penyebaran corona cukup tinggi di Riau.

Advertisement

“Dari Pemda sendiri juga sudah ada menyediakan tempat isolasi. Kemudian di masing-masing kecamatan juga sudah menyediakan tempat isolasi mandiri sesuai dengan arahan pemerintah provinsi,” katanya, Kamis, 29 Oktober 2020 saat dihubungi Bertuahpos.com.

Dia mengakui, memang Pemkab Siak sedikit kecolongan sehingga dalam beberapa waktu belakangan terjadi penambahan angka kasus terkonfirmasi cukup tinggi. Awal mulanya, wabah ini dibawa oleh seorang pekerja dari luar, dan dia melakukan aktivitas berbaur dengan masyarakat secara intensif. Namun sudah berhasil ditangani.

Baca: Pilih-Pilih Vaksin, Marwan Yohanis Minta Masyarakat Tak Paksakan Diri

“Memang rata-rata di Siak ini (pengembangan kasus corona) ada hubungan konektivitas dan distribusi orang di kecamatan lain. Itu juga berkembang. Nah, saat ini. Sedang untuk penanganan isolasi dan pemulihan, kami tergolong cukup baik lah,” ungkapnya.

Untuk diketahui, hingga saat ini, totol kasus terkonfirmasi covid-19 di Siak berjumlah suskpek 2.260, sedangkan total terkonfirmasi berjumlah 1.122. Adapun jumlah isolasi sebanyak 135 orang, di rawat 25 orang, total kesembuhan 941 orang dan meninggal dunia akibat covid-19 di Siak berjumlah 21 orang. (bpc2)