PAEI Riau Rekom Pemerintah Sediakan Wisma Atlet untuk OTG

Jumat, 14 Agustus 2020 13:52
PAEI Riau Rekom Pemerintah Sediakan Wisma Atlet untuk OTG
Ketua Perhimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia (PAEI) Riau dr Wildan Asfan Hasibuan MKes (Epid) – Foto: Melba / Bertuahpos.

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Ketua Perimpunan Ahli Epidemiologi Indonesia dr Wildan Afsan Hasibuan M Kes (Epid), merekomendasikan kepada pemerintah daerah, agar orang tanpa gejala atau OTG, sebaiknya isolasi di wisma atlet.

“Kalau kasus-kasus ringan dan tidak bergejala. Sebaiknya disolasi di wisma atlet jangan di rumah sakit,” katanya, Jumat, 14 Agustus 2020.

Advertisement

Dia menambahkan, dengan meningkatnya kasus terkonfirmasi virus corona di Riau dalam kurun waktu beberapa pekan belakangan, diyakini akan sangat berdampak terhadap ketersediaan tempat tidur dan ruang isolasi yang kini tersedia di rumah sakit.

“kalau hanya mengandalkan tempat tidur lama-lama tempat tidur rumah sakit itu tidak cukup. Maka tidak bisa semuanya dimasukkan ke rumah sakit. Apalagi, kalau nanti kita dihadapkan dengan kasus yang urgen,” jelasnya.

Baca: UPDATE COVID-19 RIAU: Pasien Positif Corona di Riau Bertambah Jadi Tujuh Orang, Ini Riwayat Perjalanannya

Menurutnya, OTG yang harus menjalani isolasi di rumah masing-masing juga akan beresiko terhadap anggota keluarganya. Oleh sebab itu untuk mengantisipasi bertambahnya jumlah kasus covid 19 di Riau, sebaiknya OTG dan orang dengan gejala yang ringan dilakukan isolasi di tempat khusus.

“Kami berharap pemerintah di kabupaten kota juga menyiapkan wisma atlet untuk dijadikan sebagai tempat isolasi orang tanpa gejala,” sambungnya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Yuliani Nazir sebelumnya mengatakan, saat ini ketersediaan tempat tidur di rumah sakit berjumlah sekitar 700-an. 

“Kami juga sudah meminta kepada pihak rumah sakit dan Dinas Kesehatan setempat agar memikirkan untuk penambahan kapasitas ketersediaan tempat tidur untuk mengantisipasi terjadinya lonjakan kasus dalam jumlah besar,” ungkapnya. (bpc2)