New Normal : Ruang Kelas Harus Atur Jarak dan Sediakan Tempat Cuci Tangan

Jumat, 29 Mei 2020 12:04
New Normal : Ruang Kelas Harus Atur Jarak dan Sediakan Tempat Cuci Tangan

BERTUAHPOS.COM, PEKANBARU — Gubernur Riau mengatakan rencana pemberlakuan new normal akan mengaktifkan kembali sektor-sektor ekonomi, sosial budaya dan pendidikan secara bertahap. Namun hingga kini Pemprov Riau mengklaim belum mendapat petunjuk lebih jelas tentang pelaksanaan new normal.

“Salah satu keluhan yang kami terima yakni mengenai sektor pendidikan dengan dibukanya kembali sekolah-sekolah dan pendidikan lainnya. Tentu akan ada pembaharuan terhadap sektor-sektor ini,” kata Syamsuar.

Advertisement

Dijelaskan, pihak sekolah atau lembaga pendidikan lain nantinya diminta untuk mengatur kembali posisi duduk di ruang kelas sesuai dengan ketentuan protokol COVID-19, memastikan peserta didik dan tenaga pengajar menggunakan masker, termasuk menyediakan tempat cuci tangan di lingkungan sekolah.

“Pihak lembaga pendidikan nantinya juga diminta untuk memberlakukan dan mengatur kembali waktu belajar, sebisa mungkin, nantinya akan dilakukan per shift untuk jadwal masuk kelas,” kata Syamsuar.

Baca: Besok, ASN di Pemprov Riau Tetap Wajib Ngantor

Untuk sektor pendidikan, pemberlakukan new normal, kata Syamsuar, untuk lebih jelasnya masih menggunakan pengunjuk dari Kementerian Pendidikan. Hingga kini, dia menyebut, bahwa waktu pelaksanaan new normal juga masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat. (bpc3)